Dua Orang Pelaku Begal dan Penadah Diringkus Sat Reskrim Polres Simalungun

Ketiga pelaku yang diamankan petugas.

Simalungun, Lintangnews.com | Satuan Reskrim Polres Simalungun berhasil mengamankan 2 orang pelaku begal dan 1 orang penadah.

Kedua pelaku inisial MFM alias F (17) warga Gang Cemara Huta III Nagori Perlanaan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun dan Aldimas Tirah Lezer alias Dimas (18). Sementara penadahnya inisial AH warga Mangkei Baru, Kabupaten Batubara.

Keduanya diamankan karena diduga keras melakukan pencurian, dengan cara mengancam korban menggunakan sebuah kunci kontak sepeda motor.

Kasat Reskrim, AKP Rachmat Ariwibowo menuturkan, peristiwa itu terjadi  Jumat (30/7/2021) sekira pukul 22.30 WIB. Menurutnya, korban Bima Raka Siwi, warga Gang Aljihad Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar dalam perjalanan pulang mengendarai sepeda motor usai berkunjung dari rumah temannya di Huta I Nagori Sidotani, Kecamatan Bandar.

“Saat melintas di depan TK Al-Ikhwan di Huta III Nagori Perlanaan, tiba-tiba korban dipepet 1 unit sepeda motor dari arah belakang yang dikendarai 3 orang laki-laki tidak dikenalnya dan langsung memberhentikannya,” ucap AKP Rachmat, Rabu (15/9/2021).

Lalu salah satu dari 3 orang laki-laki itu mendatangi korban sembari menodongkan sebuah benda menyerupai besi mirip sebilah pisau dan mengarahkan ke arah kepala, sembari mengatakan ‘mana uangmu, kalau gak kubunuh kau’. Lalu mencabut kunci kontak sepeda motor korban.

Kemudian 1 orang lagi mendekat dan memeriksa semua isi kantong korban dan mengambil uang serta handphone (HP) nya. Usai berhasil beraksi, kunci kontak sepeda motor korban dibuang ke arah semak-semak, lalu meninggalkannya.

AKP Rachmat menuturkan, petugas pun melakukan penyelidikan dan mengetahui identitas salah seorang pelaku inisial F warga Nagori Perlanaan. Petugas pun menemukan F di Huta III Nagori Perlanaan.

Dari hasil diinterogasi, F mengakui perbuatannya itu dilakukan bersama dengan 2 orang temannya yakni Aldimas Tirah dan Mat (belum ditemukan) dengan mengendarai 1 unit sepeda motor Honda Vario warna putih nomor polisi (nopol) BK 6386 TBF.

Selain itu, F mengatakan, HP yang dicuri dijual kepada AH. Akhirnya AH ditemukan bersama dengan 1 unit handphone (HP) merk Vivo Y20.

Saat ini para pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Sat Reskrim Polres Simalungun guna dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut. (Rel/Zai)