Dua Orang Status PDP di Siantar, Warga dari Siantar Martoba dan Madina

Pj Sekda Siantar, Kusdianto bersama Ronald Saragih selaku Kadis Kesehatan, Kadis Lingkungan Hidup Dedy T Setiawan dan pejabat lainnya memberikan keterangan pada wartawan.

Siantar, Lintangnews.com | Informasi terupdate, Sabtu (28/3/2020) terkait Covid-19 atau Virus Corona di Kota Siantar dipaparkan pihak Pemko Siantar.

Untuk Kecamatan Siantar Marihat, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 40 orang, dengan rincian Orang Tanpa Gejala (OGT) sebanyak 38 orang. Sementara ODP dengan gejala berjumlah 2 orang.

Di Kecamatan Siantar Marimbun, ODP sebanyak 51 orang, untuk ODP tanpa gejala berkurang 2 orang, dari sebelumnya 53 sekarang menjadi 51 karena telah selesai dalam pemantauan.

Selanjutnya Kecamatan Siantar Selatan sebanyak 33 orang, dengan rincian ODP tanpa gejala bertambah 3 orang. Sedangkan ODP dengan gejala nihil.

“Untuk di Kecamatan Siantar Barat, angkanya tetap yakni 78 orang,” tutur Ronald Saragih selaku Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemko Siantar.

Sementara itu, di Kecamatan Siantar Sitalasari, ODP sebanyak 32 orang, dengan rincian ODP tanpa gejala 33 orang, berkurang 1 orang karena telah selesai dalam pemantauan.

“Di Siantar Utara, ODP berjumlah 90 orang, dengan rincian ODP tanpa gejala 91 orang berkurang 1 orang, karena telah selesai dalam pemantauan. Untuk ODP dengan gejala jumlahnya nihil,” terang Ronald.

Hal berbeda di Kecamatan Siantar Timur, jumlahnya ODP nya 37 orang, dengan rincian ODP tanpa gejala bertambah 3 orang dari sebelumnya menjadi 37 orang. Sedangkan ODP tanpa gejala bertahan di jumlah 4 orang.

Sedangkan di Kecamatan Siantar Martoba, ODP tanpa gejala meningkat cukup drastis, dari 71 orang bertambah untuk hari ini sebanyak 63 orang sehingga jumlahnya 134 orang.

“Untuk Pasien Dalam Perawatan (PDP) hari ini ditemukan 1 orang dari Kecamatan Siantar Martoba. Seorang laki-laki, saat ini sedang kita rawat diruang isolasi khusus RSUD Djasamen Saragih,” ungkap Ronald.

Untuk PDP dari luar wilayah ditemukan 1 orang, yaitu dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

“Seorang perempuan umur 41 tahun, saat ini kita rawat di ruang isolasi khusus. Karena RSUD Djasamen Saragih sebuah Rumah Sakit (RS) rujukan untuk Covid-19,” tutur Ronald.

Sambung Ronald, untuk ODP per hari ini sebanyak 504 orang, dan PDP yang dirawat di RSUD Djasamen Saragih berjumlah 2 orang. Dengan rincian 1 orang warga Siantar dan 1 lagi dari luar daerah.

Ditambahkan Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Kusdianto agar Camat dan Lurah berperan aktif dalam melakukan pemantauan kepada warganya.

“Bagi masyarakat, segera melaporkan pada pihak Kelurahan terdekat jika ada yang ditemukan memiliki gejalanya menyangkut Covid-19,” pungkasnya.

Hadir dalam update informasi itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedy T Setiawan, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Mardiana dan sejumlah pejabat Pemko Siantar lainnya. (Elisbet)