Duta Besar Amerika Serikat Berkunjung Ke Humbahas

28

Humbahas, Lintangnews.com | Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan bersama istri Mei Chou Donovan dan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara, Juha P Salin berkunjung ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) tepatnya ke objek wisata alam Sipinsur Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Jumat (7/9/2018).

Kehadiran Joseph Donovan disambut Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati, Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD, Manaek Hutasoit, Waka Polres, Kompol David Silalahi, Ketua TP PKK, Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor dan lainnya.

Tiba di Sipinsur, rombongan Joseph Donovan juga disambut musik tradisional Batak. Melihat keunikan alat musik itu, Joseph bertanya jenis alat musik yang dimainkan.

Satu per satu alat musik itu dijelaskan jenisnya mulai dari tagading, gondang, ogung, seruling dan gitar. Bahkan tamu kehormatan itu kembali minta supaya satu per satu dimainkan kembali.

Bahkan Joseph Donovan ikut memainkan gondang. Saat memainkan gondang dengan cara memukul itu, suasana semakin semarak dan disambut dengan tepuk tangan.

Sebagai tanda kehormatan, Bupati memberikan cendramata kepada Joseph Donovan berupa ulos dan plakat Pemkab Humbahas. Joseph Donovan juga memberikan cendramata kepada Dosmar Banjarnahor.

Selanjutnya Joseph Donovan didampingi Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Humbahas dan lainnya mengelilingi wisata alam Sipinsur dan memandang indahnya panorama Danau Toba. Sambil berjalan, Bupati menerangkan bahwa dari wisata Sipinsur bisa melihat wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Samosir, Toba Samosir (Tobasa) dan Simalungun yang masuk kawasan Danau Toba.

Selanjutnya, rombongan meninjau lahan pertanian kopi di Desa Lobutolong Habinsaran Kecamatan Paranginan. Termasuk melihat pembibitan kopi milik Malon Sianturi.

Kehadiran rombongan di Desa Lobutolong Habinsaran dipandu Gani Silaban dan menerangkan proses kopi mulai dari pembibitan, penanaman sampai pengolahan kopi siap saji. Kopi siap saji dengan nama Sumatera Lintong Coffee itu dinikmati Joseph Donovan dan rombongan. (akim).