Eliakim Simanjuntak Ragukan Kinerja Bawaslu Siantar, Ini Alasannya

Eliakim Simanjuntak saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media.

Siantar, Lintangnews.com | Anggota DPRD Siantar dari Komisi II, Eliakim Simanjuntak mengungkapkan sedikit kekecewaannya mengenai kehadiran tim Panwascam Siantar Timur saat reses yang digelarnya beberapa waktu lalu.

“Ada apa orang Panwascam sendiri mengajak saya keluar rumah. Kalau memang betul, dibawakannya lah warga yang menjadi saksi. Ini dia (oknum panwas) sendiri pas acara reses,” kata Eliakim saat ditemui di kantor Fraksi Demokrat DPRD Siantar, Rabu (13/2/2019).

Sambung Eliakim, yang mengherankan baginya kenapa Anggota Panwascam Siantar Timur  tidak langsung mencegahnya. Apalagi, kata dia, dalam daftar hadir tersebut, tidak ada pemberitahuan atas kehadiran Panwascam saat reses yang digelarnya.

“Kalau adanya kesalahan saya dan dilihatnya itu pelanggaran, kenapa gak saat itu juga dihentikan. Ini apa coba, saat selesai acara, sudah di rumah, diajaknya saya keluar mau ngomong,” pungkas Eliakim, seraya mengatakan saat itu Panwascam tidak menunjukkan bukti kartu nama tersebut.

Dirinya juga mengkritik kinerja Bawaslu Siantar dan perangkatnya yang terkesan pilih bulu dalam penegakan aturan.

“Jangan dulu lagi saya dikritik, kinerja Bawaslu dan Panwascam juga harus kalian (wartawan) soroti. Sudah bagaimana rupanya kinerjanya, soal bahan kampanye dan Alat Peraga Kampanye (APK) saja masih jadi perdebatan karena nggak ada sosialisasi,” tuturnya.

Disinggung soal putusan Panwascam Siantar Timur yang menyatakan persoalannya tidak memenuhi unsur, Eliakim mengaku tak mengetahuinya.

“Belum tau saya kalau soal itu, kalau nggak dari kalian media. Memang atas persoalan itu, saya sudah belajar lagi Undang-Undang (UU). Jadi, apabila kasus ini tetap dilanjutkan mereka sebelum adanya putusan, saya rencananya melapor ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” tutupnya. (elisbet)