Empat Kecamatan di Asahan Terendam Banjir

Banjir menggenangi jalan penghubung ke Kecamatan Sei Dadap.

Asahan, Lintangnews.com | Akibat curah hujan yang tinggi membuat 4 Kecamatan di Kabupaten Asahan tergenang banjir.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Khaidir Sinaga, keempat Kecamatan yang terkena dampak banjir yaitu, Kecamatan Sei Dadap di Desa Perkebunan Sei Dadap III/IV sebanyak 3 Dusun (Dusun 2, 3 dan 5) kedalaman 40-110 cm rumah yang terendam sebanyak 34 Kepala Keluarga (KK) atau 132 jiwa.

Kecamatan Simpang Empat di Desa Perkebunan Hessa sebanyak 2 Dusun (Dusun 3 dan 4), Kecamatan Setia Janji Desa Sei Silau Tua sebanyak 5 Dusun (Dusun 1, 2, 3, 4 dan 5) dengan kedalaman 50-110 cm sementara rumah terendam banjir sebanyak 100 KK (378 jiwa). Kecamatan Pulo Bandring Desa Tanah Rakyat sebanyak 1 Dusun (Dusun 7) dan rumah yang terendam sebanyak 37 KK (115 jiwa).

Salah satu rumah warga yang terkena banjir.

“BPBD Asahan telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir jumlah KK yang terdampak serta kerusakan sarana infrastruktur,” ucap Khaidir, Kamis (15/11/2018).

Saat ini pihaknya juga sudah mengirimkan bantuan peralatan berupa perahu fiber sebanyak 1 unit sebagai sarana evakuasi bagi warga, termasuk mendirikan posko siaga tanggap bencana bersama perangkat Desa dan Forkopimcam.

“Kita juga mengirimkan bantuan logistik pemenuhan kebutuhan dasar dapur umum. Bagi warga diharapkan untuk selalu lebih siaga menghadapi banjir bila datang banjir susulan,” ucap Khaidir. (handoko)