Empat Pejabat Eselon II Pemkab Simalungun Dirotasi

Ilustrasi.

Simalungun, Lintangnews.com | Rotasi terhadap jabatan di lingkungan Pemkab Simalungun sepertinya masih menjadi tradisi. Terbukti, sedikitnya 4 orang pejabat eselon II dilantik karena terjadi rotasi.

“Iya, tadi rotasinya. Biasanya itu untuk penyegaran di organisasi,” kata staf pada bidang pengembangan BPPKD (Badan Pelatihan Pendidikan dan Kepegawaian Daerah) Simalungun, Eka Hendra Barus, Rabu (9/1/2019).

Selain itu, keempat pejabat eselon II yang dirotasi di antaranya, Akmal Siregar  yang semula menjabat Kepala Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informasi) menjadi Staf Ahli Bupati Simalungun.

“Dia menggantikan, pak Ikutan Ginting. Kalau, pak Ikutan Ginting tetap sebagai Kepala Dinas Koperasi. Sebelumnya, kan Plt Kadis Koperasi merangkap staf ahli Bupati,” jelasnya.

Selanjutnya, Frans Saragih, yang semula Inspektur Inspektorat menjadi Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) menggantikan, Jon Suka Jaya Purba.

“Kalau, pak Jon Suka Jaya, menjadi Asisten III Bidangi Keuangan dan Pendapatan menggantikan pak Sudiahman Saragih yang pindah sebagai Inspektur Inspektorat,” sebutnya.

Sementara, pengganti, Akmal Siregar, sebagai Kepala Dinas Kominfo adalah Edwin Simanjuntak, yang semula sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan dan mantan Dirut RSUD Parapat.

Menurutnya, yang melantik langsung para pejabat itu adalah Sekda, Gidion Purba.

“Jadi hanya 4 pejabat saja yang dilantik. Gak ada yang lain. Dan pelantikannya di sini (BPPKD),” jelas Eka.

Informasi diperoleh, rotasi terhadap keempat pejabat eselon II itu buntut dari minimnya PAD (Pendapatan Asli Daerah) pada tahun anggaran 2018 dan riak-riak dari para kuli tinta yang tak mampu dibendung. (zai)