Esron Sinaga Dilantik Sebagai Sekda Simalungun

Esron Sinaga saat dilantik menjadi Sekda Pemkab Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik Sekretaris Daerah (Sekda), Esron Sinaga bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Rabu (15/9/2021).

Pelantikan dihadiri Wali Kota Siantar, Hefriansyah, Ketua DPRD, Timbul M Lingga, Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani, Dandim 0207/SML, Letkol Inf Rolly Souhoka, Kapolres, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Boby Sandri, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Vera Yetti Magdalena, Wakil Ketua DPRD, Elias Barus dan Sastro Joyo Sirait, Ketua TP PKK, Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, para Staf Ahli Bupati, Asisten, pimpinan OPD di jajaran Pemkab Simalugun, Dirut RSUD Perdagangan, RSUD Parapat, serta keluarga Sekda dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Pelantikan Sekda itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Simalungun Nomor : 188.45/17001/27.3/2021. Sebagai saksi dalam pelantikan itu bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ramadhani Purba dan Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian dan Pembangunan, Debora DPI Hutasoit dan rohaniwan Pastor Togu Nestor Sinaga.

Dalam arahannya Bupati mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji ini merupakan tindak lanjut dari hasil seleksi terbuka untuk mengisi jabatan yang lowong Sekda yang dilaksanakan panitia seleksi dari unsur birokrasi, akademisi,  pakar dan profesional.

“Dengan dilantiknya Sekda ini diharapkan penyelenggaraan pemerintahan,  pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan,” sebutnya.

Dikatakan, kedudukan Sekda memiliki kewenangan yang strategis dalam menjalankan roda pemerintahan daerah. Untuk itu kepada seluruh jajaran perangkat daerah serta para pejabat pimpinan tinggi pratama untuk saling berkoordinasi dalam melaksanakan tugas demi pencapaian tujuan pembangunan daerah Simalungun.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak kepada seluruh jajaran aparatur Pemkab Simalungun termasuk Sekda yang baru dilantik untuk bersama-sama dan saling bahu membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu untuk mewujudkan visi yakni ‘Rakyat Harus Sejahtera’.

“Pencapaian visi dan misi mustahil dapat tercapai tanpa kebersamaan dan kesatuan dengan stakeholder yang ada di tanoh Habonaron Do Bona,” kata Bupati.

Dalam arahan itu, Radiapoh juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Sekda,  dan pengabdiannya dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat selama lebih kurang 3 bulan. (Rel/Zai)