Forkopimda Tobasa Segera Luncurkan Aplikasi Wilayah Bebas Korupsi

Forkopimda Tobasa foto bersama usai penandatanganan piagam pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Tobasa, Lintangnews.com | Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa), Hulman Sitorus mengapresiasi, pencanangan dan penandatanganan piagam pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa (5/3/2019) di ruang Pengadilan Negeri (PN) Balige.

Hulman Sitorus mengatakan, Pemkab Tobasa mendukung dan mengapresiasi penandatanganan kesepakatan WBK dan WBBM di daerah itu.

“Dengan kesepakatan ini, pihak penegak hukum dan Pemkab Tobasa akan menekan seminimnya tindakan korupsi,” sebutnya.

Sementara, Ketua PN Balige, Paul Marpaung menuturkan, akan segera meluncurkan aplikasi WBK dan WBBM, yang bekerjasama dengan pihak Polres Tobasa sebagai sistim perpanjangan penahanan dan penggeledahan.

Menurutnya, PN Balige telah berupaya melakukan setiap putusan dengan seadil-adilnya dan akan terus berupaya bersih dan melayani untuk setiap putusan.

Dalam arahannya, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo memaparkan, upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 17 Tahun 2011 menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga Negara, serta Kepala Daerah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing.

Kapolres menuturkan, komitmen terhadap pencegahan korupsi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah menerbitkan Permenpan dan RB Nomor 60 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi.

“Semua itu untuk mewujudkan komitmen pencegahan korupsi melalui pelaksanaan kegiatan-kegiatan pencegahan korupsi dalam bentuk yang lebih nyata secara terpadu dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kualitas pelayanan publik,” terang AKBP Agus. (asri)