Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat Tebingtinggi Dikukuhkan

Foto bersama usai pengukuhan Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan melalui Sekda, Marapusuk Siregar mengukuhkan Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat Kota Tebingtinggi tahun 2018 di Balai Kartini Jalan Imam Bonjol, Rabu (26/12/2018).

Wali Kota dalam arahannya, menghimbau masyarakat untuk tidak menanggapi siaran yang tidak mendidik serta menimbulkan berita bohong (hoax). Menurutnya, saat ini sedang dalam tahun politik, sehingga banyak berita diterima yang di dalamnya ada yang benar dan hoax,

Pihaknya berharap, Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat Tebingtinggi yang baru dibentuk hanya agenda seremoni saja. Hendaknya forum itu harus bisa bekerja mengoreksi siaran yang mendidik dan tidak mendidik.

“Mudah-mudahan makna dari forum itu dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan jangan hanya kegiatan seremoni saja. Bekerja lah menjadi ujung tombok dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumatera Utara. Manfaatkan lah kemajuan teknologi untuk kepentingan yang positif. Jangan mempercayai dengan berita hoax,” pintanya.

Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat KTebingtinggi yang dikukuhkan yakni, Ketua Ali Yustono, Wakil Ketua Sutoyo, Sekretaris Misniwati, Koordinator Bidang Pengawasan isi siaran Ngemat Sitepu, Wakil Koordinator Bidang Pengawasan isi siaran Haryunsyah Nasution, Koordinator Advokasi dan Kelembagaan Abu Hasyim Siregar dan Wakil Kordinator Advokasi dan Kelembagaan Habibi Mahardika.

Mewakili Ketua KPI Sumut, Rahmat Karo Karo mengatakan, forum ini merupakan yang pertama di Tebingtinggi.

“Pembentukan forum dimaksud merupakan perpanjangan tangan KPI Sumut untuk tingkat Kabupaten/Kota se Sumatera Utara dalam melakukan pengawasan tentang penyiaran yang sehat di wilayah Tebingtinggi,” terangnya.

Forum ini juga mengarahkan kepada daerah untuk memberikan penyiaran peduli isi siaran yang sehat di televisi dan radio agar dikawal apakah sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS).

Tampak hadir dalam pengukuhan itu, Ketua Kelembagaan KPI Sumut, Muhammad Syahrir, Ketua PWI Tebingtinggi, Abdullah Sani Hasibuan, Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dedi P Siagian, serta media elektronik dan media cetak.

Sementara Ali Yustono mengatakan, akan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Tebingtinggi untuk mengajak masyarakat melihat dan memantau bagaiamana siaran sehat di daerah itu. Sehingga diharapkan masyarakat Tebingtinggi agar lebih cerdas dalam menonton siaran.

“Kami siap berkoordinasi dengan Dinas Komimfo dan KPI Sumatera Utara dalam menangani siaran sehat,” jelasnya. (purba)