Gabriel Alfaro Tampubolon, Lahir Hidrosefalus Butuh Uluran Tangan

325
Gabriel Alfaro Tampubolon bersama kedua orang tuanya.

Tobasa, Lintangnews.com | Gabriel Alfaro Tampubolon (2,5) lahir mengandung kelebihan cairan (hidrosefalus) di Desa Balige II, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) membutuhkan uluran tangan untuk mendapatkan pengobatan dari tenaga medis.

Menurut Donal Tampubolon selaku ayah Gabriel menuturkan, sejak lahir, anak mereka sudah mengalami kelainan dan menurut dokter penyakitnya adalah kelebihan kandungan cairan.

Dia mengatakan, anak pertamanya dengan Lita Sihotang sudah dibawa ke sejumlah Rumah Sakit (RS). Namun hingga saat ini belum ada mendapat perubahan. Untuk itu, ia berharap para medis maupun ahli penyakit bisa memberi pertolongan, sehingga buah hatinya sehat dan normal.

“Kami berharap uluran tangan atau bantuan dari siapapun baik pemerintah, dunia usaha bahkan elemen masyarakat bisa memberi dukungan untuk kesehatan anak kami,” sebut Donal, Rabu (18/12/2019).

Bekerja sebagai buruh harian lepas dan ekonomi yang memprihatinkan, Donal berharap kepada tenaga dokter untuk memberi pandangan dan arahan kemana anak mereka bisa dibawa untuk berobat.

“Sebagai manusia dengan keadaan ekonomi yang memprihatinkan, berharap uluran tangan kepada anak kami Gabriel sehingga bisa sehat dan normal,” ucapnya.

Sementara Lita Sihotang menuturkan, anak mereka yang lahir 14 Juni 2017 keadaannya tidak normal, namun bisa mendengar dan bicara ‘mama, mama, mama’.

“Rewel sebagaimana anak normal sering terjadi, itu menegarkan dan memberi semangat bagi kami orang tuanya,” terangnya seraya meneteskan air mata.

Kata Lita, keluhan itu sudah pernah disampaikan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Tobasa dan ditinjau untuk melengkapi BPJS Kesehatan. “Kami bermohon media bisa membantu dalam masalah pengobatannya Gabriel,” harapnya.

Kepala Dinas Sosial, Rajaipan Sinurat membenarkan keluhan Gabriel yang lahir hidrosefalus sudah diketahui dan ditinjau.

“Pemerintah akan memberikan bantuan untuk operasinya tetapi lebih dulu untuk dilengkapi supaya memiliki kartu BPJS Kesehatan,” katanya seraya berjanji besok akan mendatangi rumah keluarga Donal Tampubolon untuk melihat kondisi Gabriel. (Frengki)