Gempa di Taput Getarannya Sampai ke Balige dan Laguboti

Kondisi Kota Balige pasca gempa aman dan kondusif.

Tobasa, Lintangnews.com | Selasa (15/1/2019) sekira pukul 06.59 WIB, Kota Balige dan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dilanda gempa bumi, namun tidak menimbulkan kerusakan apapun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tobasa, Herbet Pasaribu menuturkan, tekait gempa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) getarannya sampai ke Balige dan Laguboti.

“Gempa tidak berdampak kerusakan apapun baik di Taput maupun di Kecamatan Balige dan Laguboti. Hingga saat ini masyarakat melakukan aktifitas seperti biasa,” sebut Herbet.

Menurutnya, sesuai informasi dari BMKG, gempa dengan kekuatan 5 skala richter, di mana episenter gempq terletak di koordinat 1,77 LU dan 99,09 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 31 km arah tenggara Kota Tarutung, Kabupaten Taput, Propinsi Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Sementara Camat Balige, Pantun Pardede membenarkan terjadi gempa di Balige, namun tidak membuat warga menjadi panik.

“Hanya saja beberapa warga dan termasuk saya, bergegas keluar dari rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untung lah gempa nya hanya beberapa detik saja,” sebut Pantun.

Diketahui getaran gempa tidak berdampak di Kecamatan Porsea. “Tidak ada getaran gempa di Kecamatan Porsea,” sebut Camat Porsea, Robert Manurung. (asri)