Gerakan BISA Digalakkan, Bersihnya Lingkungan dan Penerapan Prokes Membuat Wisatawan Aman

Kampanye adaptasi kebiasaan baru.

Dairi, Lintangnews.com | Pemerintah pusat saat ini sedang bergiat membangun sarana dan prasarana penunjang kegiatan kepariwisataan di Danau Toba yang merupakan salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas.

“Komitmen pemerintah ini harus didukung dengan peran aktif masyarakat dalam berbagai sendi pengembangan kepariwisataan. Salah satunya dengan meningkatkan kepedulian akan kebersihan lingkungan di wilayah sekitarnya, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Manna Ujung selaku Staf Pemasaran Nusantara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), kepada wartawan di Kabupaten Dairi, Jumat, (27/11/2020).

Berangkat dari semangat mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan, BPODT kata Manna, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Karo serta Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Pemkab Dairi. Kegiatan ini berlokasi di Tongging, Kabupaten Karo, dan Silalahi, Kabupaten Dairi pada Jumat, (27/11/2020) hingga Sabtu (28/11/2020).

Sebutnya, kegiatan ini berupa kampanye adaptasi kebiasaan baru di Kawasan Danau Toba, sebagai bagian dari gerakan bersih, indah, sehat, dan aman (BISA) yang digalakkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pengumpulan sampah di destinasi wisata.

Dijelaskan Manna, kegiatan ini bertujuan untuk menghimbau masyarakat luas, khususnya para pelaku usaha pariwisata di Tongging dan Silalahi, agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam hal ini rangkaian kegiatan, antara lain mengumpulkan sampah di destinasi wisata, pembagian banner kampanye adaptasi kebiasaan baru untuk hotel dan restoran, dan sekaligus sosialisasi diterimanya Geopark Kaldera Toba sebagai anggota UNESCO Global Geopark pada Juli 2020 lalu.

Sambung Manna, kegiatan ini juga memberikan ruang ekspresi untuk seniman di Kawasan Danau Toba melalui aksi tim teatrikal sebagai penyemarak suasana, dan penyampai pesan kampanye, serta tim media yang akan lebih memperluas jangkauan pesan kampanye.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes)dapat ditingkatkan. Bersihnya lingkungan dan penerapan protokol kesehatan tentunya akan membuat wisatawan merasa aman dan nyaman dalam berwisata,” tutup Manna. (Rel)