Gubsu Buka Tebingtinggi Expo Tahun 2019

Wagubsu, Musa Rajekshah memukul gong pembukaan Tebingtinggi Expo tahun 2019.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Wakil Gubsu, Musa Rajekshah membuka secara resmi Tebingtingi Expo Tahun 2019 dalam rangka Hari Jadi Kota Tebingtinggi ke 102 , Sabtu (3/8/2019) malam bertempat di Lapangan Merdeka Kota.

Tebingtinggi Expo ini dikuti 61 stand yang terdiri dari jajaran Pemko Tebingtinggi, Medan, Pekan Baru, Tanggerang Selatan, Lombok, Serdang Bedagai (Sergai), Simalungun, Samosir, Perbankan, BUMN terdiri dari Inalum dan Pelindo, serta perusahaan swasta baik dalam maupun luar Provinsi Sumut.

Adapun tujuan Tebingtinggi Expo Tahun 2019 ini untuk menggairahkan di sektor jasa, perdagangan, kualitas, produksi, promosi serta pemasaran. Ini merupakan tindak lanjut dari Expo 2018 lalu yang transkasinya mendekati angka 1 miliar dan tahun ini harapannnya mencapai Rp 1,3 miliar.

Setiap malamnya pada kegiatan itu akan diadakan malam pergelaran budaya yang akan menampilkan budaya-budaya di Indonesia.

Sebelumnya pada Sabtu sore telah digelar pawai karnaval budaya lebih kurang 1.500 orang peserta yang diikuti dari Pekan Baru, Medan, Simalungun, Sergai, Batubara, masyarakat dan pelajar se Kota Tebingtinggi yang dilepas langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora), Jumpa Ukur Sembiring.

Para peserta karnaval yang menampilkan berbagai kesenian dan pakaian adat budaya masing-masing daerah itu disambut meriah di panggung kehormatan oleh Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bersama Wali Kota Pekan Baru, Firdaus, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, Direktur Eksekutif Apeksi  Sri Indah Wibi Nastiti dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Wagubsu Musa Rajecksyah mengatakan, kegiatan seperti ini diharapkan dapat menggerakan roda perekonomian daerah. “Dengan expo ini, bisa menunjukan sekaligus memasarkan hasil-hasil produk lokal daerah,” sebutnya.

Wagubsu berharap, Bupati dan Wali Kota di Sumut dapat menggerakkan potensi di daerah masing-msaing dengan berbagai kreatifitas dan inovasi.

Wali Kota, Umar Zunaidi mengatakan, event ini Insya Allah akan direncanakan setiap tahun, agar memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tebingtinggi , maupun yang berasal dari kota lain di Indonesia untuk dapat menunjukkan produktifitas, kreativitas dan sebagai ajang promosi produksi-produksi yang dihasilkan.

Acara pembukaan Tebingtinggi Expo ini ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Wagubsu. Dilanjutkan dengan peninjau stand peserta Tebingtinggi Expo. (purba)