Harga Lidi Sawit Rp 1.800 Untungkan Warga Asahan

Pencari daun sawit saat membersikan daun kelapa sawit untuk dijadikan sapu lidi.

Asahan, Lintangnews.com | Tanaman pohon kelapa sawit  banyak yang bisa dimanfaatkan. Tidak hanya dari buahnya saja yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk dipanen.

Ternyata selain dari buahnya, saat ini banyak masyarakat memanfaatkan daun sawit menjadi sapu lidi ada nilai rupiah nya.

Hampir 7 tahun terakhir ini masyarakat memanfaatkan daun sawit atau sapu lidi sawit menghasilkan rupiah. Semenjak sapu lidi sawit laku, banyak masyarakat berbondong-bondong mencari daun sawit untuk diambil lidinya dan dijual di lokasi pemanenan.

Salah seorang pencari sapu lidi, Mislah warga Padang Sari mengaku, ini bisa menambah perekonomian warga.

“Karena setiap ada pemanen, kita langsung mengikuti mereka saat diambil pelepahnya. Sementara kita mengambil lidinya. Selain itu, daun dari luruan lidinya bisa kita jadikan untuk makanan sapi dan kambing,” ungkapnya, Selasa (5/2/2019).

Mislah menuturkan, untuk harga lidi saat ini sebesar Rp 1.800 per kilogramnya, bahkan pernah mencapai Rp 2.000.

“Semenjak lidi sawit laku ternyata membantu sekali untuk biaya kehidupan sehari- hari. Biasa dijual setiap minggunya sebanyak 50-100 kg tergantung banyaknya yang kita cari,” ucap Mislah.

Sementara itu salah seorang pengepul (pengumpul) sapu lidi, Anto mengatakan, lidi yang dibeli untuk dijadikan sapu dan obat nyamuk.

“Sudah 5 tahun lebih saya jalani sebagai agen sapu, hasilnya sangat membantu perekonomian keluarga,” ungkapnya. (handoko)