Harganas ke 26 di Sunset Beach Balige Usung Slogan ‘Cinta Keluarga Cinta Terencana’

Ketua TP. PKK memberikan sambutan. (asri/LN)

Tobasa, Lintangnews.com | Pemkab Toba Samosir (Tobasa) merayakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26, di obyek wisata Sunset Beach, Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, sekaligus penyerahan hadiah dan piala kepada pemenang lomba, Kamis (27/6/2019).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK, Brenda Ritawati Darwin Siagian mengatakan, kegiatan ini berdasarkan surat dari Kepala BKKBN, Nomor 587/KS 102/14/2019, tanggal 11 Maret, Surat Gubernur Sumatera Utara, Nomor 003.3/4407/2019.

Demikian juga dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Kabupaten Tobasa Nomor 234 Tahun 2019 tentang pembentukan panitia pelaksanaan kegiatan dan juri lomba, dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke 26 untuk tingkat Kabupaten.

Menurut Brenda, acara ini mengusung slogan ‘Cinta Keluarga-Cinta Terencana’ itu dibarengi berbagai rangkaian kegiatan kegiatan lomba untuk keluarga di Kabupaten Tobasa.

“Untuk perlombaan itu yakni, lomba indikasi masyarakat pedesaan, lomba petugas lapangan keluarga berencana, lomba kelompok bina keluarga balita, lomba kelompok bina keluarga lansia, lomba kader bina keluarga remaja, lomba kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga harmonis sejahtera, serta lomba pasangan peserta keluarga berencana lestari 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun,” papar Brenda.

Sementara Wakil Bupati, Hulman Sitorus mengatakan, tujuan dari peringatan Harganas untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat, terhadap pentingnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga.

“Serta penerapan 8 fungsi keluarga, seperti fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan fungsi lingkungan,” pungkas Hulman.

Adapun kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana itu bersumber dari APBD Tobasa. (asri)