ILAJ Minta Kapolres Simalungun Awasi Politik Uang di Pilpanag, Khususnya Laras II

Ketua ILAJ, Fawer Full Fander Sihite.

Simalungun, Lintangnews.com | Institute Law And Justice (ILAJ) merupakan lembaga yang aktif mengawasi adanya indikasi pelanggaran hukum di Kabupaten Simalungun.

Ketua ILAJ, Fawer Full Fander Sihite menuturkan, saat ini pihaknya menyoroti tahapan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) di Kabupaten Simalungun yang sudah berlangsung, dan akan dilakukan pemilihan pada tanggal 12 Juni 2019 nanti.

Pengamatan ILAJ dalam proses Pipanag ini, ada dimeriahkan politik uang atau money politik. Bahkan sudah ada beberapa lokasi Nagori yang menjadi sorotan ILAJ.

“Karena itu kami meminta Kapolres Simalungun untuk memerintahkan jajarannya mengawasi politik uang di Pilpanag di Simalungun,” sebut Fawer Full, Minggu (19/5/2019).

Menurutnya, beberapa hari lalu pengurus ILAJ turun ke salah satu Nagori di Kecamatan Siantar, tepatnya di Nagori Laras II. Pihaknya mendengar dengan vulgar atau terang-terangan bagaimana para calon sudah mulai menjanjikan uang kepada masyarakat.

“Hal seperti ini harus diawasi betul oleh pihak Kepolisian. Karena politik uang akan menghambat mereka yang mau berbuat untuk Nagori itu, namun terbatas gara-gara tenaga uang,” paparnya.

Fawerl Full menuturkan, dalam proses Pilpanag ini, pihaknya sudah menurunkan tim untuk mengawasi di beberapa Nagori. Tujuannya agar pelaksanaan Pilpanag terhindar dari politik uang. (red)