Ini Alasan Jumlah Caleg di Kota Siantar Berkurang

Rapat pleno penetapan DCT yang dilakukan KPUD Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar tetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD setempat untuk Pemilu 2019.

Ada 367 orang  DCT  yang ditetapkan, dari 368 caleg yang sebelumnya terdaftar di Daftar Calon Sementara (DCS). Berkurangnya jumlah DCT dari DCS, karena salah satu Bacaleg (Bakal Caleg) mengundurkan diri.

Bacaleg yang mengundurkan diri itu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bernama Roni Efendi Sinagayang sebelumnya di DCS berada di Daerah Pemilihan (Dapil) I nomor urut 7.

“Satu bacaleg dari PKB mengundurkan diri. Sehingga DCT menjadi 367, dari 368 sebelumnya di DCS,” ujar Ketua KPUD Kota Siantar, Mangasi Purba, Kamis (20/9/2018).

Mangasi menyampaikan, dalam proses penyusunan DCT, ada perubahan yakni penambahan gelar bagi Caleg dan diakomodir dalam surat suara nantinya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kota Siantar, Sepriandi Saragih mengingatkan para Caleg yang baru ditetapkan, agar mematuhi aturan yang berlaku.

Dia juga menegaskan, agar para Caleg mematuhi aturan kampanye. Dengan tidak mencuri start kampanye dan tak melanggar ketentuan kampanye lainnya.

“Mencuri start kampanye merupakan pelanggaran yang dapat dikenakan sanksi pidana Pemilu. Caleg agar tidak curi start kampanye. Karena itu pidana,” ucap Sepriandi.

Dirinya juga berharap agar insan pers turut melakukan pengawasan. “Diharapkan pers turut mengawasi dan menjadi garda terdepan, sehingga Pemilu yang berintegritas dapat terwujud dibantu kerjasama kita semua,” tutupnya. (elisbet)