Tanoto Foundation Gelar Sosialisasi Pelita Pendidikan di Siantar

Wakil Wali Kota Togar Sitorus bersama Tanoto Foudation Palopi sebagai Goverment Liosen, Yusri Nasution Provinsial Koordinator beserta staf.

Siantar, Lintangnews.com  | Tanoto Foundation suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan menggelar sosialiasi bertajuk ‘Pelita Pendidikan’ di Ruang Serbaguna Bappeda Pemko Siantar, Kamis (20/9/2018).

Dalam arahannya dihadapan peserta sosialisasi, Wakil Wali Kota, Togar Sitorus mengatakan, ada 5 faktor yang menyebabkan Indonesia berpotensi sebagai pemain ekonomi global yakni, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia dibanding  negara-negara lainnya. Selanjutnya, 90 persen pertumbuhan tercepat terjadi di kota-kota di luar Pulau Jawa. Kemudian pertumbuhan ekonomi lebih bertumpu pada sektor produktifitas.

Dijelaskan Togar, pada tahun 2030  perekonomian Indonesia akan ditopang 4 sektor utama yaitu, jasa, pertanian, perikanan dan sumber daya alam (SDA).

Diketahui, program pelita pendidikan dari Tanoto Foundation sangat penting dan relevan untuk menjawab tantangan di bidang pendidikan.

“Peningkatan mutu guru, Kepala Sekolah (Kepsek) dan Pengawas di jenjang pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTS), maka program ini sangatlah baik. Peningkatan mutu guru merupakan tugas semua pihak. Pemerintah tidak bisa sendirian melaksanakan tugas, harus ada kerjasama antara pemangku kepentingan di bidang pendidikan seperti Tanoto Foundation,” sebut Togar.

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota berpesan para guru, Kepsek dan Pengawas yang terlibat program agar serius menjalaninya.

“Para guru diharapkan merubah cara mengajarnya menjadi lebih aktif, inovatif dan menyenangkan. Selain itu, para Kepsek juga diharapkan merubah cara memimpin yang lebih transparan akomodatif dan berorientasi kepada mutu,” sebut Togar.

Dalam sosialisasi itu juga dilakukan pengukuhan fasilitator daerah yakni guru Sekolah Dasar (SD), Kepsek, serta Pengawas SD, MI dan SMP

Hadir dari pihak Tanoto Foudation  Palopi, sebagai Goverment Liosen, Yusri Nasution Provinsial Koordinator beserta stafnya.

Bidang Komunikasi Tanoto, Asar mengatakan, program tahun 2018 ini pihaknya bekerjasama melakukan penyelenggaraan peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kota Siantar.

“Terbentuknya fasilitasitaor daerah berperan untuk memfasilitasi guru-guru, Kepsek dan Pengawas dalam penyelenggaraan pendidikan,” paparnya.

Sebelumnya Tanoto Foundation juga telah melakukan sosialisasi di Kabupaten Karo dan Batubara. (elisbet)