Ini Cara AMPDT Dukung Kinerja Kapoldasu Ciptakan Kamtibmas Sumut

Aksi dukungan dari Aliansi Masyarakat Pariwisata Danau Toba pada Kapoldasu,Irjen Pol Agus Andrianto.

Simalungun, Lintangnews.com | Aliansi Masyarakat Pariwisata Danau Toba (AMPDT) dukung kinerja Irjen Pol Agus Andrianto selaku Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) dalam hal menciptakan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Sumatera Utara (Sumut).

Aksi solidaritas menyampaikan dukungan moril kepada Irjen Pol Agus Andrianto ini dilaksanakan AMPDT, dengan menggelar pawai mengelilingi semua jalan yang ada di Kota Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Selasa (12/3/2019). Dilanjutkan orasi dan deklarasi di Pantai Bebas Parapat.

Rute jalan pawai AMPDT dimulai dari Jalan Sisingamangaraja-Jalan Kolonel TPR Sinaga-Jalan Haranggaol-Jalan Nelson Purba-Jalan Josep Sinaga-Jalan Merdeka dan berakhir di Pantai Bebas Parapat.

Aksi itu diikuti para pedagang kaki lima (PKL), pedagang kaca mata, anggota PHRI, Anak Buak Kapal (ABK) kapal motor wisata Parapat, pemuda Lingkungan Anggarajim, Jalan Sisingamangaraja dan Siburak-burak, pemuda gereja HKBP Parapat, pengurus BKM Masjid Raya Taqwa Parapat, serta sejumlah wartawan.

“AMPDT mendukung kinerja Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Sumut,” sebut Koordinator Aksi, Effendi Bakkara dalam orasinya.

Aksi damai sebagai bentuk dukungan terhadap Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto.

Menurutnya, tahun 1994, Irjen Pol Agus Andrianto pernah menjabat sebagai Kapolsek Parapat. Ketika itu, pariwisata di Parapat berkembang berkat sapta pesona yang pernah mendapatkan Adipura. Sehingga pesona Danau Toba terwujud dalam situasi aman dan nyaman.

“AMPDT mempunyai kebanggaan tersendiri dengan Sosok Irjen Pol  Agus Andrianto yang sangat dicintai masyarakat dan merakyat. Beliau pernah menyampaikan motto dalam bertugas dan berkehidupan dengan masyarakat ‘temuilah rakyat mu, hiduplah bersama mereka, mulailah bekerja dari apa yang ada’,” sebut Effendi.

Sementara pimpinan aksi, Harianto Sinaga menuturkan, Kapoldasu pernah berjanji mewakafkan jabatannya demi melayani kamtibmas yang kondusif di Sumut pada saat acara perlombaan kelaikan dan kebersihan kapal di Pantai Bebas Parapat pada bulan Desember tahun 2018.

“Dalam rangka merajut cipta kondisi kamtibmas yang kondusif di Sumut, kami AMPDT dan segenap masyarakat Parapat lainnya memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar memberkati dan senantiasa melindungi Kapoldasu yang dinilai dapat merajut kebhinekaan adat istiadat budaya masyarakat Sumut,” paparnya.

Dalam aksi itu, Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno dan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ferry Risdoni Sinaga juga menyampaika arahannya pada massa yang hadir. (zai)