Ini Modal Nasdem Samosir Targetkan 8 Kursi di DPRD

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Samosir, Sarhochel M Tamba (tengah) Sekretaris, Basrun Sihombing (kanan) dan Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Nasdem Jonner Simbolon usai bimtek parpol baru-baru ini.

Samosir, Lintangnews.com | DPD Partai Nasdem Kabupaten Samosir menargetkan perolehan 8 kursi DPRD setempat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.

Untuk mencapai target tersebut, mengintensifkan kaderisasi, serta melengkapi kepengurusan partai hingga ke tingkat ranting.

Hal ini disampaikan Sekretaris Partai Nasdem Samosir, Basrun Sihombing, Senin (1/4/2019. Menurutnya, Partai Nasdem siap memeriahkan pesta demokrasi itu dengan meraih banyak suara dari pemilih.

“Pada Pemilu 2014, Nasdem dapat meraup 10  ribu lebih dengan 4  kursi di DPRD Samosir. Karena itu, Pemilu 2019 ini setidaknya Nasdem dapat 8 kursi sehingga bisa menjadi fraksi sendiri,” kata Basrun.

Dia menambahkan, Daerah Pemilihan (Dapil) yang menjadi incaran untuk memperoleh 3 kursi adalah Dapil 1 meliputi, Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta. Kemudian  3 kursi di Dapil 2 meliputi, Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu. Sementara Dapil 3 dan 4 masing-masing 1 kursi.

Di Pemilu 2014, Nasdem meraih 1 kursi di Dapil 3 meliputi, Kecamatan Palipi dan Naiggolan yang dulunya masih Dapil 2. Begitu juga Dapil 4 meliputi, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Harian dan Sitio-tio yang dulunya Dapil 3.

Basrun menambahkan, untuk mendapatkan simpati masyarakat, maka Nasdem melakukan pendekatan kepada masyarakat secara intensif.

Berbagai acara kemasyarakatan dihadiri, termasuk jika ada warga yang meninggal dan pernikahan. “Kami mengikuti tradisi suku Batak,” kata anggota DPRD Samosir ini.

Menurutnya, pendekatan ke masyarakat menjadi kunci pemenangan Pemilu mendatang. “ Kami mengajak masyarakat Samosir untuk berbondong-bodong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencoblos Calon Legislatif (Caleg) Nasdem,” sebut Basrun.

Dikatakan, sisa waktu 2 minggu kedepan akan dipergunakan dengan maksimal oleh seluruh Caleg Nasdem untuk meraih suara banyak.

“Seperti visi misi Nasdem berdaulat secara ekonomi bemartabat dalam budaya, ini yang selalu disampaikan seluruh Caleg, dengan program unggulan turut berpatisipasi dalam memajukan Kabupaten Samosir,” sebut Basrun.

Mengenai politik uang, Basrun berpendapat kurang bermanfaat dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dan sifatnya hanya sementara. “Membangun Samosir ini bukan hanya 5 tahun. Jadi politik uang tidak bermanfaat dalam memajukan ekonomi masyarakat dan hanya sementara,” tandasnya.

Dijelaskan Basrun, startegi Nasdem dalam menarik simpati pemilih mengunjungi pemilih dengan cara  door to door. Selanjutnya merangkul perantau untuk mensosialisasikan Caleg Nasdem kepada keluarga di kampong halaman mereka.

Basrun menambahkan, Nasdem akan menjadwalkan rapat akbar yang dipaketkan dengan seluruh Caleg baik dari Provinsi Sumatera Utara dan DPR-RI.

Selain itu, pihaknya juga selalu mengajak pemilih agar mencoblos pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Mar’uf Amin (Jokowi-Ma’ruf). Karena Nasdem merupakan partai politik (parpol) pertama pengusung Jokowi menjadi Calon Presiden (Capres). (don)