Ini Penyebab Warga Prapat Janji Demo PKS Sei Silau

Masyarakat saat melakukan aksi dengan membawa sejumlah poster yang berisikan tuntutan pada PKS Sei Silau.

Asahan, Lintangnews.com | Puluhan warga Dusun II Desa Prapat Janji, Kecamatan Prapat Janji, Kabupaten Asahan, Kamis (17/1/2019) menggelar aksi unjuk rasa ke PT Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN III Sei Silau.

Aksi tersebut digelar karena abu boiler mengakibatkan dampak kepada masyarakat yang pemukimannya dekat dengan lokasi pabrik.

Dampak yang dirasakan masyarakat itu sudah lama terjadi dan sudah disampaikan kepada pihak perusahaan, namun belum juga ditanggapi pihak perusahaan. Karena banyaknya masyarakat yang menerima langsung dampak itu, akhirnya mereka melakukan aksi unjuk rasa. Dengan harapan keluhan mereka dapat diterima langsung oleh pihak perusahaan.

Dedi Panjaitan sebagai advokasi masyarakat, meminta perusahaan memikirkan dampak dari abu boiler yang dekat lingkungan warga, terutama Dusun 2 Desa Prapat Janji yang dekat langsung dengan PKS.

Lokasi PKS PTPN III Sei Silau.

“Kita juga meminta bantuan berupa ekstra pudding dan menerima karyawan dari warga sekitar pabrik. Akibat abu boiler, kesehatan masyarakat terganggu ada salah seorang warga mengalami sakit mata,” ucapnya Dedi.

Pihak PTPN III Sei Silau melalaui Kepala Tata Usaha (KTU) Afdal Siregar ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan melakukan bina lingkungan. Karena mereka juga sudah melakukan sosial bina lingkungan.

“Kita terima keluhan masyarakat terkait dampak dari perusahaan. Kedepannya kami minta bagi masyarakat untuk tetap berkomunikasi. Ini agar bisa tau langsung apa yang diinginkan masyarakat sehingga bisa kita lakukan,” ucap Afdal. (handoko)