Ini Sejumlah Kegiatan Pembinaan SAE Lapas Siantar untuk Warga Binaan Permasyarakatan

Kalapas Siantar, Rudy Fernando Sianturi meninjau budidaya ikan yang dilakukan para Warga Binaan Permasyarakatan.

Simalungun, Lintangnews.com | Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Pematangsiantar, Rudy Fernando Sianturi meninjau langsung kegiatan kerja berupa budi daya ikan lele dan ikan nila pada kolam terpal bundar, ikan gurami dan ikan mas pada kolam konvensional, tanaman pepaya tumpang sari dengan cabai dan terong boga, Kamis (9/9/2021).

Ini merupakan program pembinaan maupun kegiatan kerja sebagai Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), terutama yang tidak berapa lama lagi akan bebas dan kembali berbaur (integrasi) dengan keluarga dan masyarakat.

Dengan bekal pembinaan kemandirian yang diperoleh selama menjalani masa pidana, diharapkan WBP akan menjadi manusia aktif dan produktif, serta tidak akan mengulangi lagi perbuatan melanggar hukum

“Saya berharap dengan kegiatan pembinaan ini warga binaan kami mampu mengaplikasikan sebagai bekal dalam mencari kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, ketika mereka sudah keluar dan sudah selesai menjalani pidana. Ini termasuk juga mampu diterima kembali di tengah-tengah masyarakat, khususnya keluarga,” papar Rudy.

Kerajinan tangan yang dikerjakan para Warga Binaan Permasyarakatan Lapas Siantar.

Kalapas juga berterima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam program pembinaan itu, baik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai pihak eksternal maupun jajaran seksi kegiatan kerja sebagai pihak internal.

Dalam kegiatan pembinaan ini juga terdapat produksi ulos tenun, menjahit, merajut, pangkas, salon di blok wanita, pembuatan roti (bakery), pembuatan miniatur dan bengkel kerja (meubel kayu, dan besi).

Sementara di sektor pertanian dengan cara memanfaatkan lahan kosong di sekitar branggang Lapas. (Rel/Zai)