Kelompok Berkah Tani Desa Regemuk Panen Bawang Merah 16 Ton per Hektar  

Kegiatan panen bawang merah di Desa Regemuk.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kelompok Berkah Tani Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang menghasilkan panen bawang merah sebanyak16 ton per hektar.

Hal ini di ketahui setelah dilakukan panen atau pengubinan bawang dengan sample 2,5 meter persegi di perladangan tanaman bawang Desa Regemuk, Kamis (9/9/2021).

Panen bawang itu dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Hortikultura Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Deli Serdang, Ebenhard Manalu, Kasi Pembenihan, Repelita Silalahi, UPT Pertanian Pantai Labu, Ahmad Gozali dan Ridwan, para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Ketua Kelompok Berkah Tani, Supriadi.

Repelita Silalahi menuturkan, hasil yang didapat pada panen ini sudah memenuhi standard untuk tanaman bawang di daerah dataran  rendah.

Sementara Ebenhard Manalu mengapresiasi Kelompok Berkah Tani bisa menghasilkan tanaman bawang yang bagus ditanam di daerah dataran rendah.

“Dengan mendapatkan hasil yang bagus, kami berharap Kelompok Berkah Tani bisa menjadi penangkar bawang. Ini nantinya kita laporkan ke Provinsi agar Kelompok Berkah Tani menjadi sentra sekaligus penangkar bawang di Deli Serdang,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini para petani masih sulit mencari benih bawang dan harus membelinya dari Pulau Jawa. Ebenhard menilai, dengan adanya Kelompok Berkah Tani ini bisa membantu para petani lainnya memperoleh benih bawang.

“Semoga dengan adanya Kelompok Berkah Tani dapat menjadikan Sumatera Utara swasembada bawang,” paparnya.

Ketua Kelompok Berkah Tani, Supriadi mengucapkan terima kasih pada pihak Distan Deli Serdang dan jajarannya yang telah ikut melakukan panen bawang di Desa Regemuk.

“Kita berharap, tujuan menjadikan Sumut menuju swasembada bawang dapat tercapai,” ujar Petani Andalan tahun 2021 ini. (Idris)