Ini Tujuan PMI Simalungun Gelar Musyawarah ke III

Simalungun, Lintangnews.com | Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Simalungun melaksanakan musyawarah III tahun 2021, dengan mengusung tema ‘Kerja Sama untuk Kemanusiaan’, bertempat di Cafe Mister Kebas 886 Kota Siantar, Selasa (30/3/2021).

Musyawarah itu secara resmi dibuka Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara diwakili Chairil Siregar. Dalam sambutannya, Chairil menyampaikan, musyawarah ini akan mengevaluasi kinerja pengurus yang lama, sekaligus menyusun program kerja periode mendatang.

“Karena itu besar harapan kami kepada Pemkab Simalungun untuk dapat membantu terharap pengurus terpilih nantinya. PMI tidak sukses menjalankan programnya apabila Pemkab Simalungun tidak berperan aktif membantunya. Demikian juga dengan PMI Remaja agar lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Sebelumnya pihak panitia, Ahmad Jamsari mengatakan, musyawah yang dilaksanakan selama 1 hari ini bertujuan untuk memilih pengurus PMI Simalungun periode 2021-2026.

“Diharapkan pengurus PMI terpilih nantinya akan membawa PMI semakin berguna di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Bupati, JR Saragih dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Simalungun, Rudi Pangaribuan mengatakan, PMI sebagai organisasi kemanusiaan memiliki peranan besar dan strategis dalam memberikan pelayanan kesehatan, membantu korban bencana alam, donor darah, menjamin ketersediaan darah yang aman serta berbagai kegiatan sosial lainnya.

“Tidak ada alasan apa pun, bahwa keberadaan PMI telah banyak berkontribusi dan mendharmabhaktikan misi tugas-tugas kemanusiaannya di tengah-tengah masyarakat. Meskipun banyak tantangan  yang dihadapi namun tidak mengendurkan semangat dalam memberikan pelayananan pada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Sulaiman Sinaga selaku pengurus PMI Simalungun periode sebelumnya menyampaikan, agar PMI Simalungun tetap melaksanakan fungsinyanya untuk kemanusiaan. Sehingga PMI tetap eksis ditengah-tengah masyarakat Simalungu.

“Dan kedepan saya berharap, kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebagai mitra untuk dapat menghidupkan PMI di Simalungun,” ungkapnya.

Musyawarah berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19 itu dihadiri, antara lain Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi, Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, pengurus PMI Sumut, pengurus PMI Simalungun, pengurus PMI Kota Siantar, pengurus PMI Humbang Hasundutan (Humbahas) dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Simalungun. (Zai)