Jalan di Dusun 1A dan 1B Sambahuta Asahan Dibangun, Ini Kata Warga Setempat

Kepala Desa Buntu Pane, Manten Aperi Simbolon sedang menunjukkan lokasi pembangunan jalan. (handoko/LN)

Asahan, Lintangnews.com | Jalan merupakan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat untuk membantu meningkatkan perekonomian.

Untuk mewujudkannya, Kepala Desa (Kades) Buntu Pane, Manten Aperi Simbolon membangun jalan di 2 Dusun sepanjang 996 meter, yaitu jalan di Dusun 1A Sambahuta dan Dusun 1B Sambahuta Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan.

Dusun 1A Sambahuta mendapatkan peningkatan jalan sepanjang 496 meter dan lebar 3 meter, dengan total biaya Rp 276.811.200. Sementara Dusun 1B Sambahuta sepanjang 500 meter dan lebar 3 meter total biaya Rp 297.241.260 bersumber dari dana desa (DD) tahun 2019.

“Peningkatan jalan tersebut menggunakan pembangunan lapisan penetrasi (lapen), dengan tujuan agar nantinya bisa secepatnya meningkatkan jalan selanjutnya ke hotmix,” ungkap Manten.

Ia menyampaikan, penduduk yang tinggal di kedua Dusun itu sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK) dan masih angka kemiskinan. Karena warga pekerjaannya hanya buruh harian dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Sehingga kita utamakan pembangunan jalan fokus di kedua Dusun tersebut. Dengan harapan nantinya setelah pembangunan jalan selesai bisa membantu meningkatkan perekonomian masyaraka,” harapnya

Salah seorang warga Ponimin, mengapresiasi atas perhatian dari pemerintah melalui Kades Buntu Pane.

“Saya senang sekarang, jalan kami bisa terbangun seperti ini. Karena selama ini jalan kami belum dibangun. Kami juga ucapkan terima kasih kepada pak Kades yang telah mendengarkan keluhan atas kondisi jalan itu dan sudah diwujudkan dengan pembangunan jalan ini,” ungkapnya

Di tempat terpisah, Maisarah yang juga merupakan warga setempat juga berterimakasih atas pembangun jalan tersebut.

“Saat ini jalan sudah dibangun dan kami juga sudah dilibatkan turut ikut sertakan pekerjanya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pak Kades,” tuturnya. (handoko)