Janji PT TPL Terkait Data Alokasi Dana CSR pada Pemkab Taput Belum Terjawab

Ilustrasi.

Taput, Lintangnews.com | Alokasi pendistribusian dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Toba Plup Lestari Tbk (TPL) dan pada siapa dana untuk Pemkab Tapanuli Utara (Taput) mulai tahun 2016 sampai 2018 diserahkan, hingga saat ini belum juga bisa dijabarkan pihak perusahaan kepada media.

Ini termasuk apakah perubahan Akta 54 ke Akta 05 sudah disosialisasikan kepada masyarakatsaat dibuat menjadi suatu keputusan juga tak mendapat jawaban dari PT TPL.

Manager Corporate Communication PT TPL, Norma Hutajulu dihubungi melalui telepon seluler dan pesan singkat melalui WhatsApp ( WA) belum bisa memberikan penjabaran secara detail. “Sabar saja pak,” ucapnya.

Karena berdasarkan pantauan media di media sosial (medsos) saat warga Kabupaten Toba melakukan aksi demo di kantor Bupati setempat minta PT TPL transparan terkait perubahan Akta 54 ke Akta 05 dan disosialisasikan. Mereka mengatakan, perubahan itu merugikan masyarakat.

Sementara itu di Kabupaten Taput, diduga kemungkinan perubahan Akta juga tidak pernah dilakukan sosialisasi oleh pihak PT TPL.

Seperti penuturan Kepala Desa (Kades) Horison Ranggitgit, Kecamatan Parmonangan, F Manalu saat dikonfirmasi Selasa (20/7/2021) melalui sambungan telepon seluler.

Dia mengatakan, sejak dia menjabat pada awal tahun 2016 lalu, pihak PT TPL tidak pernah melakukan sosialisasi terkait peribahan Akta 54 ke Akta 05.

Hal itu ditimpali Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkab Taput, Fajar Gultom, saat dikonfirmasi, terkait apakah PT TPL pernah melakukan sosialisasi perubahan Akta 54 ke Akta 05 ke masyarakat Taput.

“Saya kurang tau, sedangkan melalui Pemkab Taput saja tidak pernah,” ujarnya. (Pembela)