Kades dan Ketua PKK Pasar V Kebun Kelapa Kunjungi Pengrajin Replika Lampu dari Bambu

Kades Pasar V Kebun Kelapa, Sumantri beserta Ketua TP PKK, Ade Novita mengunjungi pengrajin dari bahan bambu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kepala Desa (Kades) Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumantri beserta Ketua TP PKK, Ade Novita, Senin (20/9/2021) kunjungi pengrajin pembuatan replika lampu dari bahan bambu di Dusun Binakarya Desa Pasar V Kebun Kelapa.

Kedatangan Kades dan Ketua PKK ini disambut pengrajin, Agus Widodo didampingi istri.

Ade merasa heran, ada pengrajin kerajinan dari bambu di Desa nya. Selama ini dia tidak tau dan baru hari ini melihatnya. “Usai melihat hasil yang dikerjakan Agus Widodo beserta keluarganya, Ade Novita sangat mengaguminya ini sangat kreatif sekali,” ujarnya.

Ternyata bahan bambu bisa diolah menjadi kerajinan replika lampu seperti replika lampu petromax, lampu sentir, lampu tidur dan souvenir gantungan kunci.

“Apa yang dilakukan Agus Widodo ini sangat baik sekali dan akan kita kembangkan ke tingkat Kecamatan dan nantinya dipasarkan di P3UD Deli Serdang. Kerajinan ini sangat baik didukung, karena bisa mengali potensi di Desa Pasar V,” sebutnya, seraya berjanji akan membantu mengembangkan kerajinan itu melalui PKK Desa.

Sementara itu, Agus Widodo yang juga sebagai Ketua Kesenian Jaran Kepang Sanggar Siswo Langgeng Budoyo menuturkan, giat melakukan kerajinan dari bambu ini baru 1 bulan terakhir ditekuninya.

“Dikarenakan akibat pandemi Covid-19, jaran kepang yang dipimpinnya jarang bermain karena kesenian ini mengundang keramaian. Dan tentunya dilarang sekaligus pencegahan wabah Virus Corona,” ujarnya.

Karena untuk penopang perekomian keluarga, Agus mulai mengalihkan pekerjaan dengan membuat kerajinan dari bambu yang ilmunya sudah didapatnya tahun 2012 lalu dan baru kali ini dikembangkan.

“Saat ini usaha kerajinan masih dikerjakan bersama keluarga. Alhamdulillah setiap hari ada saja yang pesan , serta pelanggan dari Aceh, Padang dan Tapanuli Selatan (Tapsel) yang telah membeli kerajinan replika lampu ini,” katanya.

Sumantri mengucapkan salut pada Agus telah membuat kerajinan replika lampu dari bambu, sehingga akan mengangkat potensi Desa Pasar V Kebun Kelapa.

“Saya berharap, Agus bisa meneruskan usaha ini dan mengajak warga sekitar untuk ikut mengembangkan kerajinan dari bambu. Pihak Desa siap mendukung  kerajinan yang dikelola Agus,” tegas Sumantri. (Idris)