Kadis Koperindag Tobasa Apresiasi Uji Coba Bio Diesel B20 dan B30

Kadis Koperindag Tobasa, Marsarasi Simanjuntak.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Pemkab Toba Samosir (Tobasa), Marsarasi Simanjuntak mengapresiasi rencana Kementrian Energi Sumber Daya Mineral ( ESDM), terkait penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar, dengan campuran Fatty Acid Methyl Esters (FAME) sebesar 30 persen alias bio diesel B30 persen pada triwulan II tahun 2019.

“Kita mengapresiasi rencana Kementerian ESDM yang akan menguji coba bahan bakar biodiesel B20 dan B30 di beberapa daerah di Indonesia. Tujuannya dengan penggunaan bio diesel ramah lingkungan dan ketersediaan minyak untuk kebutuhan masyarakat dapat teratasi,” sebutnya, Rabu (24/4/2019).

Marsarasi berharap, program yang diterapkan Kementerian ESDM dapat terlaksana di Kabupaten Tobasa sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, yang sudah menjadi Kawasan Strategis Prioritas Wisata Nasional.

Pasalnya, Kementerian ESDM menyatakan, rencananya uji coba akan dilakukan dengan jarak tempuh 40.000 kilometer akan diterapkan pertama kali di Pulau Jawa.

“Kemungkinan percepatan B30 akan dilakukan Kementrian ESDM, mengingat kondisi neraca perdagangan defisit dan pemakaian biodiesel tersebut mampu akan mampu meningkatkan ketahanan energi,” papar Marsarasi.

Namun menurutnya, progam yang akan diterapkan Kementrian ESDM, tidak terlalu lama penerapannya di Kabupaten/Kota di Indonesia. “Pemerintah akan melakukan review dan finalisasi spek SNI bio diesel, jika hasil road test dinyatakan berhasil,” kata Marsarasi. (asri)