Kadisporapar Minta Duta Wisata Mampu Mempromosikan Asahan

Kadisporapar, Andre Simatupang membacakan pidato Plt Bupati Asahan pada malam grand final pemilihan Duta Wisata.

Asahan, Lintangnews.com | Event tahunan pemilihan Duta Wisata Asahan yang dibiayai APBD 2019 di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah berlangsung sejak 22 April hingga 22 Juni 2019.

Dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang terdiri dari 28 perempuan dan 22 laki-laki. Ini dimenangkan Asshdiqie L Hasibuan dan Zahra Azizah terpilih sebagai pasangan Duta Wisata Asahan 2019.

Acara malam grand final Duta Wisata Asahan yang digelar Disporapar, Sabtu (13/7/2019) malam di Hotel Marina, Kisaran.

Panitia Pelaksana Duta Wisata Asahan, Fadly Siagian mengatakan, digelarnya kegiatan ini sebagai sarana pelestarian budaya, sekaligus menggali potensi bakat dan kecerdasaran generasi muda Asahan.

“Kegiatan ini melihat potensi yang ada untuk menjadi figur yang berperan serta mempromosikan seni dan kebudayaan Asahan di kanca nasional dan internasional , ujar Fadly

Mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Surya, Kadisporapar, Andre Simatupang mengapresiasi terselenggaranya pemilihan Duta Wisata 2019, yang kelak diharapkan menjadi ujung tombak sarana dan prasarana Asahan di kancah nasional.

“Selain berpenampilan menarik dan cerdas, Duta Wisata Asahan harus memiliki empat unsur yaitu, Raga, Rasio, Rasa dan Ruh. Duta Wisata juga harus memiliki kecantikan, kecerdasaran, memiliki tata krama dan etika,” ujar Andre.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya sejumlah tahapan, maka Duta Wisata kelak harus memiliki disiplin, dedikasi dan tanggungjawab terhadap Pemkab Asahan. Caranya dengan mempromosikan pariwisata dan kebudayaan di Asahan pada tingkat nasional maupun mancanegara.

“Semoga duta kita mampu menyuarakan kepada masyarakat untuk membudayakan hidup besih, tertib juga aman, sesuai dengan visi misi Asahan Religius, Sehat, Cerda dan Mandiri,” ungkap Andre.

Diketahui ada tahapan-tahapan yang dilalui dalam pemilihan Duta Wisata. Yakni, tanggal 25 Juni 2019, dilakukan ujian tertulis, psikotes dan pengumuman hasil ujian yakni, 28 perempuan dan 20 laki-laki.

Dilanjutkan pembekalan dan karantina yang berakhir diikuti 10 perempuan dan 10 laki-laki, pada tanggal 10-13 Juli 2019 di Hotel Marina, Kisaran. Terakhir grand final yang dilakukan pada 13 Juli 2019. (heru)