Kampaye Anti Narkoba, GIAN Siantar akan Gelar Sosialisasi P4GN

Siantar, Lintangnews.com | Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) Kota Siantar bersinergi dengan pemerintah, Badan Narkotika Nasional (BNN), Polri, TNI dan organisasi masyarakat (ormas) akan mengadakan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Diskusi itu rencananya akan berlangsung di Cafe 2DePoint, Jalan Farel Pasaribu No 17 Kota Siantar, Jumat (2/10/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan sejumlah informasi yang dianggap perlu diketahui pihak-pihak terkait yang menaruh perhatian besar terhadap upaya P4GN di Siantar.

Ketua GIAN Siantar, Bangun Pasaribu mengatakan, GIAN adalah salah satu organisasi yang fokus terhadap pencegahan dan pemberantasan narkoba di Indonesia, khususnya di Siantar.

“Dengan adanya kegiatan diskusi itu, kita mengharapkan peserta yang hadir, baik dari pemerintah, TNI, Polri dan ormas lainnya ikut mengkampayekan anti narkoba kepada masyakarat,” ungkap Bangun, Selasa (29/9/2020).

Dirinya mengharapkan, setelah kegiatan itu selesai, para peserta mempunyai komitmen menyatakan perang terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba agar Siantar ‘bersih narkoba’.

Berdasarkan hasil pemetaan kawasan rawan narkoba di Siantar, Kelurahan menjadi wilayah strategis jalur penyeludupan, penyebaran dan peredaran gelap barang haram itu.

GIAN Siantar juga mengharapkan Kelurahan menjadi garda terdepan untuk melakukan pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.

“Kita saat ini sedang berusaha bersama BNN untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkotika di setiap Kelurahan. Mudahan-mudahan rencana pembentukan 30 orang per Kelurahan di Siantar disambut baik oleh warga. Karena kalau kita hitung 30 x 53 Kelurahan hasilnya 1.590 orang,” papar Bangun, seraya berharap keinginan dan rencana itu disambut baik masyakarakat Siantar.

Sebagai penggiat anti narkoba, GIAN bertekad mendukung P4GN, dan mewujudkan lingkungan bersih dari narkoba, sehingga tak ada tempat bagi pelaku di Siantar.

“Kita mendukung program Pemko Siantar dengan semboyan Bersih Narkoba (Bersinar). Kita juga siap membantu pemerintah untuk memutus mata rantai peredaran jaringan dan penyalahgunaan narkoba di Siantar, ” kata Bangun mengakhiri. (Rel)