Kapoldasu Hadiri Pelantikan Pujakesuma Batubara

Para pengurus DPD Pujakesuma Kabupaten Batubara saat dilantik.

Batubara, Lintangnews.com | Sekira lebih dari 2.000 warga hadiri pelantikan DPD Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kabupaten Batubara.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama Bupati Batubara, Zahir selaku Pembina Pujakesuma, Kapolres AKBP R Simatupang, Kapoldasu Irjen Pol Agus Indrianto, serta semua kelompok dan masyarakat di Batubara.

Ada pun susunan DPD Pujakesuma periode 2019-2024 yakni, Ketua Suriono, Sekertaris Ngatirun dan Bendahara, Suwandi Suprapto.

Suriono dalam sambutannya menuturkan, warga Jawa di Batubara sebanyak 42 persen tanpa mengesampingkan suku-suku yang lain di Batubara. Dirinya juga mengajak semua warga  dapat bekerja sama dalam membangun Batubara.

Turut hadir pada pelantikan itu, Presiden Pujakesuma, Suratman, Ketua Pujakesuma Provinsi Sumut, Zahir,Yakat Ali dari Pemuda Pancasila Batubara, IPK, KBPPP dan utusan pengurus Pujakesuma Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Indrianto menyampaikan sambutannya dalam acara rebutan gunungan.

Sementara itu, utusan Pujakesuma dari Labuhanbatu menyampaikan salah satu pencapaian Pujakesuma binaan Irjen Pol Agus selaku Pembina DPP Pujakesuma  dalam ekonomi kerakyatan. Seperti bidang peternakan sapi di Labuhanbatu yang saat ini telah mencapai ratusan ekor lembu.

Irjen Pol Agus menuturkan, Pujakesuma merupakan organisasi kekeluargaan asli atau campuran  keturunan Jawa di Sumatera Utara. Dirinya berharap, 30 persen Suku Jawa di Sumatera Utara bisa dapat ikut serta berbuat untuk pembangunan di Sumut.

Di akhir sesi acara, Kapoldasu memukul gong sebagai tanda dimulainya seni budaya kuda kepang digelar tanggal 26-30 Maret 2019 di Lapangan Bola Kaki Blok 8 Kecamatan Limapuluh.

Selain itu, dilakukan rebutan gunungan bersama warga yang hadir, Kapoldasu, Kapolres, Bupati dan Ketua Pujakesuma Batubara, Suriono yang berisi hasil bumi Pertanian di Batubara berupa sayuran dan buah-buahan. (wellas)