Kapolres Simalungun Buka-bukaan Terkait Kasus Temuan Mayat di Ujung Padang

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan menunjukkan barang bukti tali yang digunakan untuk gantung diri. (n70/LN)

Simalungun, Lintangnews.com | Jenazah Edi Syah Putra (42), warga Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara ditemukan tergantung di tangga rumah adiknya.

Temuan mayat dengan posisi kaki yang menyentuh ke lantai, pada Minggu (16/6/2019) pagi itu, menimbulkan kecurigaan. Ada yang mengatakan, korban terlebih dahulu dibunuh, lalu kemudian digantung di tangga.

Untuk menghindari kesimpang siuran informasi terkait temuan mayat itu, Kapolres, AKBP Marudut Liberty Panjaitan bersama jajarannya menggelar konfrensi pers di Mapolres Simalungun, Raya Kabupaten Simalungun, Sabtu (22/6/2019).

“Hasil visum atau autopsi RSUD Djasamen Saragih, disebutkan yang bersangkutan (korban) itu gantung diri,” ujar Kapolres yang saat itu didampingi Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba beserta Kapolsek Ujung Padang.

“Tali yang digunakan untuk gantung diri itu tali gayung dari sumur yang diputus dengan pisau cutter ini. Cutter ini kita temukan di saku celana korban,” kata Kapolres.

AKBP Marudut mengungkapkan, aksi bunuh diri itu dilakukan akibat adanya keterlibatan korban dengan jaringan peredaran gelap narkoba antar Provinsi.

“Menurut penyelidikan kita, sebelumnya korban ini membawa narkoba dari Pekanbaru (Provinsi Riau) menuju ke (Provinsi) Jambi. Karena uangnya sudah habis, tidak disetor, maka dia ke Perdagangan (Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara). Hari Sabtu dia menikah. Pada saat hari Minggu dia disamperi (didatangi) temannya dari Pekan Baru. Krena tidak bisa mempertanggungjawabkan (uang narkoba), maka dia bunuh diri,” bebernya.

Terkait dengan keberadaan teman korban yang datang dari Pekanbaru, kata Kapolres, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Sampai sekarang, 2 orang teman yang menyamperi (mendatangdi) korban, itu masih dalam penyelidikan kita,” ujar Kapolres yang juga mengungkapkan bahwa istri yang baru dinikahi korban, saat dilakukan tes urine positif narkoba.

Selanjutnya, mengenai adanya lebam di pelipis kiri korban, kata Kapolres, itu akibat adanya benturan ke tangga di saat gantung diri.

“Ada lebam di sebelah kiri pelipis korban, itu akibat benturan ke tangga saat bunuh diri,” ungkapnya. (red)