Kapores Terima Audiensi PM Tabagsel Deliserdang

Pengurus PM Tabagsel Deliserdang saat beraudensi dengan Kapolres AKBP Edy Suryantha Tarigan

Deliserdang, Lintangnews.com | Ketua Parsadaaan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (PM Tabagsel) Kabupaten DeliSerdang, M Ali Yusuf Siregar, unsur pengurus, serta sejumlah Ketua Kecamatan beraudiensi dengan Kapolres, AKBP Edy Suryantha Tarigan guna mensinergikan program yang berkaitan dengan seni dan budaya masyarakat, Kamis (7/2/2019).

Ali Yusuf menyatakan, kunjungan ini merupakan silaturrahmi, serta mensinergikan program PM Tabagsel, terlebih dalam mendukung program pembangunan Pemkab Deliserdang, termasuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), serta pegembangkan seni budaya di daerah itu.

Secara singkat Ali Yusuf menjelaskan sejarah berdirinya PM Tabagsel merupakan perkumpulan gabungan masyarakat  di  5 Kabupaten/Kota yang dulunya di bawah Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel), setelah dimekarkan menjadi 5 daerah yaitu, Kota Padang Sidempuan, Tapsel, Mandailing Natal (Madina), Padang Lawas dan Padang Lawas Utara (Labura).

“Semuanya sudah sejak lama banyak bermukin dan berbaur, bahkan terikat dalam hubungan perkawinan dengan berbagai suku di Kabupaten Deliserdang,” sebutnya.

Kapolres AKBP Edy Suryantha Tarigan berfoto bersama pengurus PM Tabagsel Deliserdang.

Dia juga menyampaikan, program kegiatan  PM Tabagsel pada tanggal 17 februari 2019 akan menggelar Festival Manortor Naposo Nauli Bulung /Muda Mudi masyarakat Tabagsel di Kabupaten Deliserdang yang dipusatkan di Kecamatan Tanjung Morawa.

Sementara Kapolres menyatakan, rasa terima kasih dan terhormat atas kehadiran unsur pengurus PM Tabagsel Deliserdang yang berkenan hadir, sekaligus menjalin silaturrahmi dengan Polres Deliserdang. Menurutnya, ini tentu menjadi pemberi semangat. maupun dukungan tugas dan peran Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah itu.

AKBP Edy juga menyadari selaku putra daerah Deliserdang dari suku Karo yang dipercayakan bertugas di daerah itu, merasa berbahagia dan memiliki rasa tanggung jawab moral untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Bahkan dirinya terus berupaya untuk menjadikan polisi  di Deliserdang  menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Kita memang harus bersatu padu bergandeng tangan untuk membangun daerah ini. Kita perkokoh rasa kebersamaan lewat pengembangan seni budaya daerah seperti menggelar pagelaran bersama . Karena di Deliserdang banyak memiliki kesenian daerah yang cukup  mengagumkan. Kita tidak boleh berpecah belah, harus kompak, karena Deliserdang merupakan barometernya Provinsi  Sumatera Utara,” sebut Kapolres mengakhiri. (idris)