Karang Taruna Bersama Basarnas dan Polairud Bentangkan Merah Putih di Danau Toba  

Bendera Merah Putih terbentang di atas Danau Toba, persis di tepi pantai Pesanggrahan Bung Karno Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (17/8/2019).

Simalungun, Lintangnews.com | Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia, Karang Taruna Kecamatan Girsang Sipangan Bolon bersama Basarnas dan Polairud membentangkan Bendera Merah Putih berukuran 50 meter x 10 meter di atas peraira Danau Toba, tepatnya di Pantai Pesanggrahan Bung Karno Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (17/8/2019).

Diketahui ini merupakan pengibaran bendera terbesar pertama kali yang dilakukan di Danau Toba,

Informasi dihimpun, penyelam menancapkan tiang di 2 sisi untuk membentangkan bendera. Petugas dan peserta turut melaksanakan penghormatan bendera. Kegiatan ini berlangsung sekira pukul 11.00WIB. Masyarakat sekitar yang menyaksikan turut serta mengikuti proses upacara.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Bonal Uli Rajagukguk mengungkapkan, kegiatan pengibaran bendera ini untuk meningkatkan potensi wisata di Danau Toba Parapat. Bona Uli mengatakan, sudah merencanakan pengibaran bendera terbesar dari tiga bulan yang lalu.

“Pelaksanaan kegiatan ini sengaja dilaksanakan dalam memperingati HUT ke 74 RI yang juga bagian inovasi kegiatan yang sudah kami tetapkan di dalam program kerja Karang Taruna Kecamatan Girsang Sipangan Bolon,” kata Bona Uli yang juga Ketua Pelaksana Kegiatan.

Dijelaskan, dalam kegiatan ini Karang Taruna mendapat dukungan dari elemen peduli Danau Toba, Basarnas Parapat, Polairud Parapat dan masyarakat yang memberikan sumbangsih pikiran maupun materi. Sehingga terwujudnya kegiatan yang rencananya menjadi agenda tahunan Karang Taruna Kabupaten Simalungun.

“Kegiatan ini patut kita jadikan agenda tahunan Karang Taruna Kabupaten Simalungun dalam mendukung program pemerintah untuk mengembangkan objek wisata Danau Toba. Tahun depan kita juga akan menggelar kegiatan yang sama dan ditingkatkan menjadi ukuran 500 meter,” pungkas Bona Uli. (rel/zai)