Karang Taruna Simalungun Hadiri Pelantikan Karang Taruna Asahan

Tampak ujung, Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Bona Uli Rajagukguk bersama Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution dan pengurus Karang Taruna lainnya.

Asahan, Lintangnews.com | Karang Taruna Kabupaten Simalungun yang sampai saat ini dipimpin, Bona Uli Rajagukguk selaku Ketua, menghadiri acara pelantikan Karang Taruna Kabupaten Asahan, Kamis (29/11/2018).

Para pengurus Karang Taruna periode 2018-2023 yang dilantik yakni, Ketua Yasir Ul Haque, Sekretaris, Muhammad Yahya dan Bendahara, Iswanto. Pelantikan dilangsungkan di Aula Melati Pemkab Asahan.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Asahan, Surya meminta kepada para pengurus Karang Taruna yang dilantik untuk menjadi motor penggerak kondusifitas Pemilihan Umum (Pemilu) di Asahan.

Selain itu, keberadaan Karang Taruna juga bisa membantu Pemkab Asahan untuk mewujudkan visi dan misi di tengah-tengah masyarakat Asahan.

“Karang Taruna harus bisa membantu Pemkab Asahan dari sejumlah persoalan kesejahteran sosial dan bisa menjaga kondusifitas,” kata Surya.

Dijelasakan, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial dari oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah Desa dan Kelurahan.

Diharapkan Surya, Karang Taruna dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada, sekaligus menghasilkan rumusan model maupun strategi penanganan permasalahan sosial.

Ketua Karang Taruna Simalungun, Bona Uli Rajagukguk bersama para pengurus.

Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution mengatakan, bangga dengan Karang Taruna Asahan yang dinakodai Yasir. Karena Karang Taruna Asahan merupakan barometer konsolidasi di Sumut.

“Kami yakin Karang Taruna Asahan bisa membantu Pemkab Asahan, karena Karang Taruna melahirkan tenaga kerja bukan jangan kerja,” ungkap Solahuddin.

Kepada Pemkab Asahan, Solahuddin meminta untuk bisa membantu Karang Taruna Asahan untuk menjalankan program dan rencana kerjanya. Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan membantu Karang Taruna melalui program OPD. Di antaranya pemuda pertanian, perikanan dan lainnya.

Kemudian keberadaan Karang Taruna yang tersebar di desa-desa bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan visi dan misi serta meringankan tugas Desa umumnya dan Pemkab Asahan khususnya.

“Manfaatkan lah kami, jadikanlah kami intelijen dan beradakan kami. Dengan dilibatkannya kami maka angka kenakalan remaja akan bisa ditekan. Yakin lah bila diberlakukan kami akan bertanggungjawab,” sebut Solahuddin.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Asahan, Yasir menyatakan siap dan komitmen membantu Pemkab Asahan untuk mewujudkan Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri. Yasir yang telah menjabat 2 periode itu mengatakan, pihaknya bukan peduli dengan daerah Asahan saja, namun juga persoalan kesejahteraan nasional.

Pelantikan Karang Taruna itu dirangkai dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai oleh Ketua Karang Taruna Sumut untuk diserahkan kepada warga yang terkena musibah di Donggala, Sulawesi. (zai)