Karutan Kelas I Medan Pimpin Razia Narkoba

Penggeledahan yang dilakukan terhadap para warga binaan permasyarakatan.

Medan, Lintangnews.com | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan tak kendor dalam pemberantasan barang-barang terlarang dalam mendukung upaya pemberantasan pengendalian narkotika dari dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dan Rutan.

Kali ini Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Medan, Theo Adrianus Purba bergerak cepat memerintahkan Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) untuk melakukan razia ke kamar hunian Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), Selasa (18/5/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara mendadak ini dipimpin langsung oleh Karutan bersama KPLP dan regu pengamanan berjumlah 24 orang.

Menurut Theo, pihaknya gencar memasuki kamar hunian secara acak untuk terlebih dahulu menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan razia.

“Pentingnya untuk tetap menjaga etika kepada WBP terus diprioritaskan, meskipun dalam pelaksanaan razia. Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan secara soft dan elegan serta tertib administrasi,” paparnya.

Dari salah satu kamar hunian ditemukan benda-benda terlarang berupa handphone (HP) sebanyak 2 unit, charger HP 1 unit, gunting 1 unit, headset 1 unit dan sendok 2 unit.

Barang-barang terlarang itu selanjutnya akan diinventarisir di gudang hasil razia Rutan Kelas I Medan dan yang bersangkutan atas kepemilikan dimaksud akan diperiksa sebagai tindak lanjut.

Pasca penggeladahan, Theo mengucapkan terima kasih atas kerja sama WBP Rutan 1Kelas Medan yang tetap kondusif saat dilakukan penggeledahan.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut di masa mendatang untuk mengantisipasi benda-benda terlarang di dalam Rutan. Ini juga dukungan terhadap pemberantasan pengendalian narkoba dari dalam Lapas dan Rutan,” ucapnya. (Purba)