Kasal dan Ketua Komisi I DPR Tinjau Serbuan Vaksin di Dermaga Lantamal I Belawan

Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Belawan, Lintangnews.com | Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksin terhadap masyarakat maritim di sekitar Lantamal I Belawan, Senin (30/8/2021).

Pada peninjauan itu turut didampingi Ketua Umum Jalasenastri, Veronica Yudo Margono, Gubernur Sumatera Utara, Pangkoarmada I, Pangdam I/Bukit Barisan, Kapolda Sumut, Pangkosek Hanudnas III, Danlantamal I Belawan dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencapai target program pemerintah vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua sebanyak 70 persen sesuai dengan program jumlah penduduk Indonesia bisa tervaksin supaya dapat kekebalan komunal (herd immunity) dari Virus Corona.

TNI AL Lantamal I Belawan menggelar serbuan vaksinasi dosis pertama dan kedua kepada masyarakat di Dermaga Lantamal I Belawan.

Diketahui pelaksanaan kegiatan itu sesuai dengan instruksi Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke 34 Provinsi secara serentak dan massif di wilayah kerja masing-masing.

Menindaklanjuti instruksi itu, Kasal memerintahkan seluruh jajaran satuan TNI Angkatan Laut untuk menggelar serbuan vaksinasi missal, khususnya pada masyarakat maritim di wilayah pesisir, pulau-pulau terpencil, Pelabuhan, komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL.

Pemberian vaksin dilakukan terhadap 2.000 orang dan pemberian sembako. Selanjutnya Kasal melakukan peninjauan fasilitas yang dimiliki Lantamal I Belawan.

Laksamana TNI Yudo menyampaikan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah agar 70 persen penduduk Indonesia terutama bagi masyarakat maritim dan nelayan dapat dipastikan mendapatkan vaksin, agar mendapat kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

“TNI AL telah mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) menjangkau pulau-pulau terkecil untuk memberikan vaksin dan ketersediaan oksigen,” sebutnya.

Sementara Meutya Hafid menyampaikan, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada Kasal yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi.

“Operasi Militer Selain Perang atau OMSP berbentuk seperti ini lah yang sangat dibutuhkan, sehingga perlunya sinergitas antara TNI, Polri dan pemerintah serta perwakilan rakyat,” paparnya.

Lantamal  I Belawan telah menggelar vaksinasi massal di beberapa tempat di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). (Idris)