KASN Awasi 719 Instansi Pemerintah Dalam Percepatan Reformasi Birokrasi Berbasis Merit

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto.

Jakarta, Lintangnews.com | Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto menegaskan, pihaknya akan mengawasi pelaksanaan reformasi birokrasi berbasis merit di pemerintahan pusat dan daerah. Pengawasan tersebut dilakukan di 719 instansi pemerintahan.

“Kami para komisioner baru periode 2019-2024 akan melaksanakan pengawasan pelaksanaan sistem merit di 719 instansi pemerintah di pusat dan daerah,” ujar Agus Pramusinto dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Agus mengatakan, hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, agar KASN mengawal percepatan reformasi birokrasi melalui pelaksanaan sistem merit, dan menjaga etika perilaku ASN.

“Seluruh jajaran ASN harus semakin profesional, berintegritas, adaptif dan kompetitif untuk pelayanan yang semakin cepat dengan dukungan aplikasi teknologi digital seperti big data dan artificial intelegence,” pesan Jokowi.

Dengan demikian, sambung Agus, Komisi ASN diharapkan Presiden dapat meningkatkan perannya sebagai lembaga pengawas sistem merit.

“Dikembangkan itu manajemen talenta nasional, dan jaga erat nilai dasar ASN yang utamanya kesetiaan terhadap ideologi Pancasila,” tambah Jokowi.

Selanjutnya, Ketua ASN Agus Pramusinto menegaskan, KASN sebagai lembaga pengawas berada di dua jalur yaitu, aturan yang mengikat dan perlunya kecepatan untuk mengejar ketertinggalan pelayanan publik.

“Kita dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Tapi kita harus bisa melayani mereka yang sedang melakukan perubahan positif, dan mendukung pelayanan publik yang semakin cepat. Itu yang diharapkan dari Presiden,” tegasnya.

Untuk itu, Agus mengaku pihaknya bekerja berdasarkan capaian kinerja KASN tahun 2019, dan program prioritas KASN 2020.

Selain itu, Presiden juga meminta Komisi ASN untuk mengajak generasi ASN milenial melakukan perubahan mindset sebagai sosok profesional yang mampu memberikan pelayanan prima yang semakin cepat dengan dukungan teknologi digital yang sudah menjadi keterampilan dasar generasi tersebut.

“ASN harus menjadi agen perubahan dan kontributor utama pembangunan bangsa,” pungkas Jokowi.

Berikut ini data capaian kinerja KASN 2019 dan program prioritas KASN 2020.

Data Capaian Kinerja KASN 2019 dan Program Prioritas KASN 2020.