Kejuaraan Renang Peringati HUT Asahan ke 73, Wabup Minta Adanya Keseriusan  

Wakil Bupati Asahan, Surya memegang bendera tanda dibukanya lomba kejuaraan renang. 

Asahan, Lintangnews.com | Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Asahan ke 73 tahun 2019, Pemkab setempat melaksanakan lomba kejuaraan renang tingkat pelajar.

Kejuaraan yang berlangsung di kolam renang Pemkab Asahan, Jalan Sutami Kisaran itu dibuka langsung Wakil Bupati, Surya didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) dan Ketua Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (Isori), Senin (4/3/2019).

Membacakan pidato Bupati Taufan Gama Simatupang, Wabup Surya mengatakan, Kabupaten Asahan memiliki potensi bibit-bibit renang handal. Namun, sampai saat ini belum dapat menunjukkan prestasi yang optimal. Dengan terlaksananya kejuaraan itu nantinya dapat menghasilkan bibit-bibit baru dan berprestasi ke jenjang Provinsi, bahkan tingkat nasional.

“Mencapai prestasi yang dapat diandalkan, diperlukan suatu tindakan pembinaan serius dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga apa yang menjadi cita-cita kita dapat terwujud,” ujar Surya.

Wakil Bupati juga menyampaikan terima kasih pada seluruh panitia dan pihak-pihak yang turut serta dalam menyukseskan kejuaraan renang yang juga merupakan instrumen dan mengukur sejauh mana perkembangan olahraga renang di Asahan.

“Fasilitas olahraga renang kita telah sediakan dan cukup baik. Semua fasilitas yang telah terbangun dapat dimanfaatkan masyarakat Asahan dalam meningkatkan prestasi olahraga renang,” ujar Surya, sembari menyampaikan sarana olahraga lain juga telah dibangun yakni, stadion berskala nasional di Kecamatan Sei Kepayang.

Sementara, Ketua Panitia, Bambang Suwarno melaporkan, kejuaraan itu diikuti 403 orang pelajar terdiri dari Sekolah Dasar (SD) 66 putra dan 30 putri, SMP 105 putra dan putri 42, sedangkan SMA 141 putra dan 19 putri.

Ketua PRSI, Nauli Parlaungan Siregar juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan atas dukungan terhadap olahraga renang dan membangun sarana kolam renang di daerah itu. Pihaknya berharap, anak-anak di Asahan dapat memanfaatkan kolam renang sebagai sarana dan prasarana mengembangkan bakat dan prestasi.

Sementara Ketua KONI, Nurkarim Nehe, mengapresiasi Pemkab Asahan telah mendukung kegiatan dan event-event olahraga di bawah binaan pihaknya. Dirinya juga mengajak  pemerintah untuk secara bersama membina dan mendukung prestasi olahraga anak-anak di Asahan. (heru)