Kelurahan Bandar Utama dan Durian Terpilih Sasaran Program Kotaku 2019  

Pembangunan drainase di Kelurahan Durian.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) Tahun 2019 terpilih sasarannya di Kelurahan Bandar Utama dan Durian.

Hal itu disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kotaku, Rizal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemko Tebingtinggi di kantornya Jalan Gunung Leuser, kemarin.

Kasi Pengawas Tata Ruang ini mengatakan, program Kotaku bersumber dari dana  Kementrian PUPR dengan nilai Rp 1 miliar setiap Kelurahan, yang dikerjakan melalui swadaya masyarakat BKM dan KSM diawasi Kasatker, Dedi Fadillah yang juga Kabid Tata Ruang.

“Ada pun bentuk fisik pembangunan meliputi pembuatan drainase, jalan paving block, menara penampungan air bersih dan pengadaan tempat sampah dengan bahan piber glass,” ujar Rizal.

Menurutnya, hal ini semua dilakukan untuk wujudkan Kota Tebingtinggi tanpa kumuh, bersih sehat dan smart.

Program Kotaku yang dilaksanakan di Kelurahan Bandar Utama.

Di tempat terpisah, Ketua BKM Kelurahan Bandar Utama, Abdul Rahman menerangkan, titik pembangunan di Lingkungan I meliputi jalan paving block sepanjang 400 meter, drainase 50 meter, 3 menara air bersih dan 50 tempat sampah 3R.

“Kita berharap bulan Desember 2019 ini selesai dikerjakan. Kita berharap, agar masyarakat penerima manfaat menjaga dan memeliharanya dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua BKM Kelurahan Durian, Rusdan menuturkan, pembangunan Kotaku dipusatkan di Lingkungan IV Lorong Batu Sangkar, diharapkan partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan hasil pembangunan serta kesadaran untuk merawatnya.

Ketua LSM Kompak RI, Jurhaidi Saragih menyampaikan terimakasih kepada pemerintah dan Pemko Tebingtinggi yang peka dan peduli kepada masyarakat dalam proses percepatan pembangunan. (aguswan)