Kemenhub akan Tingkatkan Pelayanan Penyeberangan di Danau Toba

Sejumlah kendaraan yang memanfaatkan KMP Ihan Batak untuk jasa penyeberangan di Danau Toba.

Tobasa, Lintangnews.com | Keluhan tidak dapat melakukan penyeberangan dengan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak saat liburan Lebaran di tahun 2019 akibat lonjakan penumpang menjadi perhatian dari pihak Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Koordinator Satuan Pelayanan Toba Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Marudut Lumbantobing menuturkan, dalam moment liburan berikutnya pasti akan terlayani dengan baik.

“Seperti kita ketahui saat ini telah dikerjakan pembuatan KMP) Danau Toba II oleh Kemenhub di galangan kapal Desa Parparean, Kecamatan Porsea , Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Diperkirakan pada bulan September 2019 rampung dikerjakan jika tidak ada kendala,” sebut Marudut, Kamis (13/6/2019).

Dia mengatakan, dengan rampungnya KMP Danau Toba II, maka masing-masing KMP akan ditempatkan di Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir.

Marudut menjelaskan, untuk keberangkatan KMP secara bersamaan dari Pelabuhan Ajibata maupun Pelabuhan Ambarita, dan nantinya akan bertemu di tengah-tengah Perairan Danau Toba, sehingga penumpang tidak terlalu lama menunggu.

“Dampaknya penumpang yang akan melakukan penyeberangan dapat dilayani dengan optimal,” terang Marudut.

Sebelumnya, salah seorang warga Kota Siantar, Hartama Goliat Damanik mengaku, harapannya untuk melakukan penyeberangan batal, sebab antrian yang panjang terjadi saat libur Lebaran.

Pasalnya, seharian menunggu antrian, namun tiket untuk melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata tidak kunjung mereka dapatkan. Akhirnya terpaksa dengan berat hati Hartama dan rombongannya harus kembali ke Siantar. (asri)