Kemenparekraf Gelar Workshop Pengembangan Desa Wisata di Deli Serdang  

Kegiatan workshop yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Anggota DPR RI Komisi X, Sofyan Tan.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi PDI-Perjuangan, Sofyan Tan menggelar workshop pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Deli Serdang.

Workshop yang berlangsung, Jumat (1/7/2022) di Prime Plaza Hotel Jalan Arteri Sultan Serdang, Kecamatan Batang Kuis itu dihadiri Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf, Herwan Ekoncahyo, serta Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Deli Serdang, Khoirum Rijal. Kegiatan diikuti pengelola wisata dan pengiat wisata se-Kabupaten Deli Serdang.

Khoirum Rijal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada Sofyan Tan yang sering membantu mengembangkan wisata di Deli Serdang, serta dukungan dari Kemenparekraf hingga terlaksananya acara workshop tersebut.

“Workshop ini bermanfaat bagi kami dan para pemangku kepentingan wisata. Pada saat pandemi Covid-19 melanda, sektor wisata berpengaruh besar di Deli Serdang. Ini menjadi tantangan bagi kita semua, karena itu mari segera bangkitkan kembali pariwisata di Deli Serdang,” paparnya.

Besar harapan kami melalui Workshop ini dapat memberi manfaat ,kerjasama dan edukasi untuk mengembangkan desa wisata di Deli Serdang,” tutup Khoirum.

Sedangkan Herwan Ekoncahyo menuturkan, Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur dengan spirit yang memihak secara nyata pada pengembangan Desa Wisata hadir secara langsung di Deli Serdang.

Dia menuturkan, ini untuk membuktikan komitmen terhadap pengembangan Desa Wisata dalam rangka meningkatkan kualitas dan mendorong daya saing destinasi pariwisata di Deli Serdang, melalui pelaksanaan kegiatan workshop tersebut.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan, informasi dan sharing pengalaman untuk mempercepat pembangunan daerah melalui pariwisata dan ekonomi kreatif,” paparnya.

Sementara itu, Sofyan Tan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Deli Serdang ke 76 tahun, serta semoga makin maju dan jaya, termasuk sektor pariwisatanya.

“Saya berharap dengan workshop ini, para pelaku dan pengiat wisata di Deli Serdang dapat lebih bergairah dan bersemangat untuk mengembangkan pariwisata,” tukas Sofyan.

Workshop ini menampilkan narasumber antara lain, Brama Kumbara dari Praktisi Desa Wisata Kampung Lama, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu dan Sugeng Handoko sebagai Praktisi Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan moderator Andhy Marpaung. (Idris)