Kondisi Jalan Memprihatinkan, Kades Tomuan Holbung Surati Menteri PUPR

Kondisi akses jalan menuju Desa Tomuan Holbung.

Asahan, Lintangnews.com | Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan merupakan salah satu Desa yang berada di perbatasan Kabupaten Simalungun.

Hanya saja, infrastruktur jalan di Desa Tomuan Holbung masih jauh dari kata baik. Diketahui akses menuju Desa Tomuan Holbung sangat memprihatikan. Sehingga untuk menuju Desa Tomuan Holbung harus memerlukan butuh perjuangan melintasi jalanan. Pasalnya jalan di Desa Tomuan Holbung cukup parah.

Jika sudah musim penghujan turun, jalanan berubah seperti kubangan kerbau, penuh dengan lumpur. Jalan Desa Tomuan Holbung yang berstatus Jalan Kabupaten belum dapat perhatian serius atau pembangunan seutuhnya dari Pemkab Asahan.

Akibat jalan parah, membuat perekonomian masyarakat ikut terhambat. Sebab masyarakat Desa Tomuan Holbung yang kehidupannya sebagai petani ikut melambat.

Surat Kades Tomuan Holbung kepada Menteri PUPR.

Karena untuk mengeluarkan hasil pertanian melalui jalan tersebut sangat sulit. Akibatnya, pendapatan petani berkurang dikarenakan biaya ongkos transportasi bahan pertanian bertambah dikarenakan jalan rusak.

Sebagaimana diketahui status Jalan Kabupaten tidak bisa dibangun dengan menggunakan dana desa (DD) atau pun anggaran dana desa (ADD). Sementara perhatian dari Pemkab Asahan masih kurang dan masyarakat semakin merasa sedih karena infrastruktur jalan Desa Tomuan Holbung belum sepenuhnya baik.

Demi mewujudkan impian masyarakat, Kepala Desa (Kades) Tomuan Holbung, Daniel Simanjuntak menyurati Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan harapan dapat perhatian dari Pemerintah Republik Indonesia.

“Kami memohon kepada Menteri PUPR sudi kiranya memberikan bantuan perbaikan jalan usaha pertanian dengan panjang lebih kurang 20 km. Dimana jalan tersebut dipergunakan untuk meningkatkan usaha pertanian khususnya Desa Tomuan Holbung,” sebut Daniel, Senin (24/6/2019). (handoko)