Kota Tebingtinggi Kembali Raih Adipura Keempat Kalinya

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menerima Piala Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kadis Lingkungan Hidup, Idam Khalid dan Kadis Perkimsi, Zubir Husni Harahap menerima Piala Adipura untuk yang keempat kalinya dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menurut Idham Khalid, dalam penyerahan penghargaan itu, Wapres Yusuf Kalla mengingatkan penilaian perolehan Piala Adipura kian tahun semakin meningkat, tidak hanya terbatas pada penilaian kebersihan saja tetapi juga berkaitan dengan penghijauan.

“Pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi sangat penting memberi contoh kepada masyarakat tentang menjaga dan memilihara kebersihan dan lingkungan sekitarnya,” sebut Wapres.

Menurut Wapres, suatu daerah atau tempat bersih dan lingkungannya baik, maka orang lain akan merasa bersalah jika tidak ikut serta. Demikian pula sebaliknya, jika jorok dan tidak terpihara orang lainpun akan sembarangan.

Sementara Wali Kota secara khusus menyampaikan, layahk bersyukur atas penerimaan Piala Adipura itu. Umar Zunaidi menuturkan, dari 512 kota di Indonesia, yang menerima penghargaan itu sebanyak 119 kota. Dua di antaranya di Provinsi Sumatera Utara yakni Kota Lubuk Pakam (kota kecil) dan Kota Tebingtinggi (kota sedang).

Wali Kota juga berharap serta mengajak segenap komponen dan elemen masyarakat menjadikan bersama-sama bahwa bersih itu adalah budaya masyarakat Tebingtinggi.

Umar Zunaidi berharap tahun 2019 ini, Tebingtnggi bersih dari sampah plastik dan diharapkan tidak ada lagi.

“Kita berharap warga tidak lagi memanfaatkan tas plastic. Tetapi kita kembali ke zaman dulu memanfaatkan tas terbuat dari tikar atau kain jika ingin berbelanja, terutama ibu-ibu,” kata Wali Kota.

Dirinyajuga mengimbau warga memanfaatkan irigasi yang bersih untuk berternak ikan, untuk menambah penghasilan keluarga dan memanfaatkan sampah 3 R (Reuse, Reduce dan Recycl).

“Semua ini dapat dilaksanakan melalui sesuatu kerjasama antara Pemko Tebingtinggi dan segenap komponen masyarakat. Jika Tebingtinggi bersih, akan menjadi Kota Sehat. Jika sehat akan menjadi cerdas dan selanjutnya layak ekonominya, serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” sebut Wali Kota mengakhiri. (purba)