KPUD Siantar Targetkan 78 Persen Partisipasi Pemilih di Pemilu 2019

Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang dilangsungkan dalam waktu dekat, KPUD Kota Siantar saat ini tengah merancang sejumlah agenda untuk meningkatkan partisipasi pemilih di 17 April 2019 nantinya.

Hal ini disampaikan Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani saat berbincang dengan lintangnews.com, di kantornya, Senin (28/1/2019) sore.

Menurutnya, pasca reformasi ada trend penurunan tingkat partisipasi politik warga negara. Banyak faktor yang ditenggarai menjadi penyebab permasalahan ini di antaranya, kebebasan warga negara untuk mengekspresikan sikap politiknya terhadap kinerja pemerintahan tanpa takut dengan ancaman kekerasan seperti pada Orde Baru dan sejumlah hal lainnya.

“Warga negara harus didorong bahkan diberikan pembekalan agar memiliki literasi politik. Salah satu cara yang efektif dapat melalui sarana pendidikan pemilih melalui konsep Relawan Demokrasi,” ungkap Daniel.

Selain Relawan Demokrasi, sambungnya KPUD Siantar memiliki sejumlah agenda yang akan dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih nantinya.

Untuk Relawan Demokrasi sendiri, terangnya, usai dikukuhkan, saat ini sejumlah basis telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Ada sejumlah basis yang telah melakukan sosialisasi, yakni basis perempuan, basis keluarga dan basis Warganet, serta besok untuk basis pemuda lakukan sosialisasi di Sekolah Alwashliyah.

Daniel berharap, seluruh Relawan Demokrasi dalam menjalankan sosialisasi tak perlu berpikiri rumit. “Dimulai saja dari lingkungannya, dengan melakukan kegiatan sederhana,” sebutnya.

Disinggung soal persiapan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Daniel menuturkan, Divisi Teknis telah keliling ke seluruh Kecamatan dan Kelurahan, dengan memberikan pengarahan tentang tahapan Pemilu.

“Untuk saat ini, Divisi Teknis lakukan pemetaan TPS dan penetapan calon-calon Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) nantinya,” ucap Daniel sembari sampaikan pihaknya tetap lakukan sosialisasi surat suara di Pemilu serentak ini dan solusi dari mobilisasi pemilih nantinya agar tak terjadi penumpukan di TPS.

Di akhir perbincangan, Daniel menyampaikan, pihaknya menargetkan 78 persen dari seluruh pemilih di Siantar nantinya yakni, sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 179.099 jiwa. “Kita targetkan meningkat 5 persen dari Pemilu 2014 yakni sebesar 73 persen,” tutupnya. (elisbet)