KPUD Tobasa Resmi Launching Tahapan Pilkada 2020

Tobasa, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang, bertempat di Convention Hall Restoran Sinar Minang Balige, Rabu (18/12/2019).

Ketua KPUD Tobasa, Henry Marudin H Pardosi menyampaikan, launching ini bertujuan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat Tobasa jika agenda pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sudah dimulai dengan sosialisasi, persiapan, pelaksanaan dan pemilihan suara akan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020).

Pada tahap awal diadakan lomba jingle dan maskot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tobasa tahun 2020 yang dilaunching hari ini.

Henry berharap, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tobasa akan dapat berjalan dengan jujur, adil, dan sukses. Menurutnya, ini merupakan cita-cita bersama seluruh pihak.

Peluncuran Pilkada Tobasa 2020 ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPUD Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Komisioner, Ira Wirtati. Sekaligus pemukulan gong yang didampingi oleh Bupati, Darwin Siagian diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Audi Murphy Sitorus dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Selanjutnya peluncurkan maskot, jingle dan logo Pilkada Tobasa tahun 2020.

Ira Wirtati menyampaikan, pada tahun 2020 akan ada Pilkada Serentak di Sumut di ikuti 23 Kabupaten/Kota dan hari pencoblosan telah ditetapkan pada 23 September 2020.

“Kami berharap pada Pilkada Tobasa dapat lancar, jujur, adil dan berjalan baik, dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Kalau pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tingkat partisipasi 80,11 persen, nanti di Pilkada 2020 akan meningkat dan tahapan nantinya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tobasa diwakili Audi Murphy Sitorus berharap, partisipasi Pilkada 2020 semakin meningkat. Jika di Pilkada lalu mencapai 80,11 persen, maka tahun depan bisa meningkat.

“Kami meminta agar penyelenggara Pemilu bertindak profesional dan netral, kepada seluruh peserta pemilihan, sehingga pemilihan secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil,” tukasnya.

Ketua sementara DPRD Tobasa, Effendy Panangian Napitupulu mengapresiasi KPUD telah memikirkan lebih dini persiapan Pilkada, dengan perencanaan matang, sehingga menghasilkan hasil yang baik.

“Kita berharap penyelenggaraan Pemilu, KPU akan bergandengan tangan dengan pihak Bawaslu, Pemkab Tobasa dan TNI Polri untuk terciptanya demokrasi jujur dan adil,” ujar Effendy.

Selanjutnya, Komisioner Bawaslu Tobasa, Thomson Manurung berharap, penyelenggara KPUD dan Bawaslu bergandengan tangan dengan satu atap untuk membangun satu persepsi.

“Dengan peluncuran maskot dan jingle Pilkada, masyarakat Tobasa respek membangun demokrasi yang semakin sejuk. Tunjukkan orang Batak itu satu, dengan tujuan membangun Tobasa yang lebih baik,” sebut Thomson mengakhiri. (Asri)