KSM Mata Air dan TPS 3R Ajak Pelajar Manfaatkan Waktu Libur Mengenal Alam

Tim KSM Mata Air dan TPS 3 R saat berdiskusi dengan pemuda setempat.

Tobasa, Lintangnews.com | Alam merupakan tempat yang tepat dan memungkinkan setiap manusia untuk belajar, serta mengenal arti kehidupan.

Sebab bila dekat dengan alam, maka memungkinkan seseorang memiliki semangat baru setelah setahun penuh otak manusia bekerja tanpa henti.

Hal ini dimanfaatkan KSM Mata Air dan TPS 3R dalam bentuk liburan sekolah produktif, mengajak seluruh pelajar se kawasan Danau Toba memanfaatkan waktu libur mereka dengan mengenal alam.

Seperti dikatakan pendiri KSM Mata Air, Lelinawat Siregar, jika pelajar se  kawasan Danau Toba sudah seharusnya menjadikan liburan sekolah sebagai liburan produktif, juga mengajak generasi muda lebih memanfaatkan waktunya ke arah yang positif.

“Positif dalam artian, pelajar saat berlibur tidak lagi memanfaatkan waktunya melakukan hal negatif, seperti melakukan tindakan melanggar hukum, membuat resah orang tua dan masyarakat,” sebut Lelinawati, Sabtu (1/12/2018).

Ketua TPS 3R, Donald Sirait menambahkan, pelajar akan diajak berkemah untuk mendekatkan diri dengan alam. Ini termasuk mengenal kekayaan alam di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Tidak hanya kekayaan tumbuhan di Hutan Sionggang Utara kepada pelajar, pihaknya juga akan mengenalkan budaya Batak. Misalnya tarian Batak, Gorga Batak dan rumah adat batak dengan tujuan generasi muda lebih mencintai budaya Batak dalam mendukung tujuan wisata di Danau Toba.

“Kegiatan ini akan kita sampaikan kepada instansi Pemkab Tobasa terkait. Semoga saja mendapat respon dan dukungan yang positif,” ucap Donald. (asri)