KTH Binaan TPL di Desa Simare Panen Perdana Jagung

Kelompok Tani Hutan binaan PT TPL di Desa Simare saat memanen hasil jagung secara perdana.

Tobasa, Lintangnews.com | PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) membina Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Simare, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) untuk melakukan tanaman tumpang sari di lahan konsesi perusahaan yang ditanami ekaliptus.

“Dengan memberikan lahan konsesi untuk dikelola masyarakat melakukan tumpang sari untuk membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi petani di Desa Simare, Kecamatan Borbor,” sebut pihak CD Officer Sektor Habinsaran PT TPL, Puji Lestari, Jumat (3/5/2019).

Sementara Kepala Desa (Kades) Simare, Naek Hutapea mengapresiasi program yang dilakukan TPL kepada masyarakat, dengan kemitraan melakukan penanaman tumpang sari disela-sela tanaman ekaliptus.

“Semoga dengan program KTH dalam bentuk kemitraan dengan TPL mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan sehat di bidang ekonomi,” ujar Naek.

Ketua KTH Sepakat, Wilson Hutapea berterimakasih kepada TPL yang telah membina warga di lahan konsesi perushaan dengan tanaman jagung, ubi jalar dan sayur kol.

“Bukan sekedar memberi lahan, perusahaan juga mendanai penanaman mulai dari bibit dan pupuk. Sementara KTH hanya bermodalkan tenaga kerja atau harian kerja,” paparnya.

Wilson juga berharap, semoga hasil panen perdagang jagung saat ini maksimal. Sehingga hasil panen selanjutnya dapat meningkat dari panen perdana. (asri).