Kunjungan DPRD Simalungun Ungkap Limbah PKS PT Harkat Sejahtera Timbulkan Lalat  

Sekretaris Tim IV DPRD Simalungun, Histony Sijabat (berdiri) memaparkan hasil kunjungan lapangan.

Simalungun, Lintangnews.com | Kunjungan lapangan tim IV DPRD Kabupaten Simalungun ungkap limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Harkat Sejahtera di Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun menimbulkan lalat.

Hal itu disampaikan Sekretaris tim IV DPRD Simalungun, Histony Sijabat, Selasa (6/7/2021). “Baru baru ini limbah PKS PT Harkat Sejahtera pecah, menimbulkan banyak lalat di pemukiman masyarakat,” ungkapnya.

Diketahui kunjungan itu dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Simalungun (Ranperda) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020.

Selain itu, Tim IV DPRD Simalungun yang diketuai Sastra Joyo Sirait (Wakil Ketua DPRD Simalungun) juga mendesak Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga untuk menugaskan dinas terkait mengawasi jalan ke arah PKS itu agar tidak cepat rusak. Ini karena jalan dan jembatan yang dibangun tahun 2018-2020. Atau baru berumur 3 tahun sudah terdapat lubang di badan jalan dan jembatannya rusak. Diketahui juga belum lama ini sudah diperbaiki dan peruntukannya oleh PT Harkat Sejahtera digunakan untuk lintasan mengangkut buah kelapa sawit.

“Truk yang digunakan PT Harkat Sejahtera bermuatan 30 Ton. Sementara klasifikasi jalan golongan 3 C tak lain untuk tonase 7 ton ke bawah. Kami minta Bupati menugaskan dinas terkait mengawasinya,” tegas Histony. (Zai)