Kunker Gubsu di Simalungun, Bupati Radiapoh Harapkan Perbaikan Infrastruktur Jalan

Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan alat-alat pertanian pada Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan beberapa agenda pembangunan Kabupaten Simalungun yang sangat mendesak untuk diutamakan diakomodir di APBD Provinsi Sumatera Utara, yaitu perbaikan Jalan Siantar-Saribudolok, Jalan Siantar-Perdagangan dan Jalan Siantar-Tanah Jawa.

Hal ini disampaikan Radiapoh saat menerima melakukan kunjungan kerja (kunker) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik, kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Selasa (21/9/2021).

“Perbaikan jalan ini menurut hemat kami strategis untuk keseimbangan dan kesinambungan geliat pembangunan di daerah yang membuka kembali simpul-simpul perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Radiapoh juga menyampaikan, Simalungun merupakan daerah pertanian, baik tanaman padi sawah dan hortikultura yang merupakan penyangga perekonomian masyarakat. Untuk itu diharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) memberikan dukungan dalam peningkatan produksi pertanian di Simalungun.

“Lahan pertanian di Simalungun cukup luas, salah satu penyangga perekonomian masyarakat. Kami berharap Pemprovsu untuk membantu Simalungun meningkatkan produksi pertanian, sehingga kembali menjadi lumbung padi,” ujarnya.

Terkait penanganan Covid-19 di Simalungun, Radiapoh mengatakan, mengalami kemajuan meskipun ada keterbatasan dalam upaya penanganannya, Namun hal ini tidak menyurutkan semangat mereka dalam menurunkan penyebaran Covid-19 di Simalungun.

“Mohon kepada Gubsu dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut, kami membutuhkan vaksin sekitar 500 ribu untuk memberikan vaksinasi kepada masyarakat. Dan kiranya pendistribusian vaksin ini lancar sampai ke Kabupaten Simalungun,” harap Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati berharap Pemprovsu memberikan perhatian dan keperpihakannya pada Simalungun. Ini karena Pemkab Simalungun tetap memiliki semangat untuk menyelaraskan, menyatukan langkah percepata kebijakan Gubsu dalam menjalankan roda pembangunan di Sumut.

“Semoga di bawah kepemimpinan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, Sumut lebih maju dan bermartabat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubsu langsung memerintahkan Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) untuk segera melakukan perbaikan jalan sesuai dengan harapan yang disampaikan Bupati Simalungun, meskipun dengan cara bertahap.

“Saya minta supaya mulai besok jalan itu langsung dikerjakan dan dibenahi, tahun 2022 baru di aspal,” ucapnya.

Edy juga menyampaikan tentang pendidikan dan kesehatan, sebab hal itu berpengaruh sekali kepada jalannya pembangunan di Simalungun. “Sumber Daya Manusia (SDM) sangat menentukan dibanding dengan Sumber Daya Alam (SDA). karena pendidikan sangat menentukan untuk kemajuan pembangunan. Mari sama-sama kita bangun Sumut ini,” kata Gubsu.

Dalam kunker itu, Gubsu juga bertemu dengan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Simalungun, Camat dan Pangulu/Lurah.

Kepada para Pangulu, Gubsu meminta untuk lebih kreatif memanfaatkan SDA di wilayah masing-masing untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah dengan bekerja sama seluruh stakeholder di Desa/Nagori.

Selain itu, Gubsu juga menyampaikan tentang serapan anggaran di Simalungun yang masih rendah. Edy meminta kepada para pimpinan OPD segera meningkatkan serapan anggaran untuk melaksanakan program pembangunan di Simalungun.

Dalam kesempatan itu, Gubsu menyerahkan bantuan kelengkapan medis kepada Bupati Simalungun berupa cover all, masker bedah, masker YX 135, masker N95, face shild, hand sanitizer, oksigen konsentrator dan PMT AS.

Gubsu mengakui, Simalungun masih kekurangan vaksin. Namun dirinya tetap memberikan apresiasi, karena vaksinasi di Simalungun masih tetap berjalan.

Kunker Gubsu ditandai dengan penyerahan bantuan alat-alat pertanian pada Pemkab Simalungun yang diterima Bupati Simalungun.

Sebelumnya , Gubsu yang didampingi sejumlah pejabat di jajaran Pemprovsu dan Ketua TP PKK Sumut meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat di SD Plus Pematang Raya. Termasuk memberikan tali asih kepada peserta disabilitas. (Rel/Zai)